Begini Cara DKPPTPH Tabalong Jaga Ketersediaan Beras Lokal

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, ketersediaan beras di kabupaten tabalong pada bulan februari 2022, mencapai 21.371,74 ton. Sedangkan kebutuhan total yang dikonsumsi oleh penduduk Tabalong per Februari 2022 diperkirakan sebanyak 4.095,1 ton.

Berdasarkan perhitungan di bulan Februari tersebut, maka diperkirakan penyediaan pangan Kabupaten Tabalong dapat bertahan dan terjamin  selama 10 bulan lebih. Selain itu untuk data produksi beras pertahunnya, Kabupaten Tabalong selalu mengalami surplus beras.

Meskipun demikian, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura melalui bidang ketahanan pangan mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan produksi padi lokal Tabalong, salah satunya dengan cara membuka lahan pertanian baru.

jadi ada beberapa alternatif yg kita rencanakan, pertama adalah kita ingin meningkatkan produksi pertanian dengan cara membuka lahan-lahan baru, kemudian melakukan intensifikasi terhadap sektor pertanian sehingga terjadi peningkatan produksi,” Kata M. Agus Norrahman, Kabid Ketahanan Pangan DKPPTPH Tabalong.

Agus menambahkan, selain itu pihaknya juga akan terus dorong keberadaan petani millenial di Tabalong, untuk bisa berkontribusi mengembangkan sektor pertanian. Disamping itu juga akan dilakukan  pengembangan teknologi pertanian sehingga menghasilkan produksi yang maksimal. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment