Home Tabalong Hari Ini Diskominfo Pastikan Jaringan Internet Desa Terisolir Lancar

Diskominfo Pastikan Jaringan Internet Desa Terisolir Lancar

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong memastikan layanan internet gratis di desa terpencil Kecamatan Bintang Ara berjalan lancar. Petugas dari Dinas tersebut melakukan pengecekan pada repeater dan beberapa peralatan pada Sabtu, 30 September 2023.

Pemeliharaan jaringan internet gratis ini dilakukan oleh petugas Diskominfo Tabalong di dua desa terpencil di Kabupaten Tabalong, yaitu Desa Dambung Raya dan Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara. Pemeliharaan dilakukan untuk meningkatkan layanan dan keandalan jaringan internet sehingga dapat lebih mudah digunakan oleh masyarakat setempat.

Fungsional Pranata Komputer Diskominfo Tabalong Muhammad Zainaini menjelaskan bahwa jaringan hotspot internet yang dipasang oleh Diskominfo kini mampu menjangkau hingga 30 meter dari sumbernya. Bahkan, hotspot ini dapat diakses oleh 20 hingga 30 pengguna secara bersamaan dengan lancar.

Meskipun begitu, menurut Zain, layanan internet gratis ini masih terkendala oleh jam operasional, mengingat sumber listrik yang digunakan masih berasal dari tenaga surya.

“Kalau untuk jaringan yang hilang, kita akan telusuri dulu di mana masalahnya, karena di Dambung Raya ini melewati beberapa titik dulu sebelum sampai kesini, jadi mungkin ada di titik repeater tertentu yang sudah mati, tapi secara umum tidak ada masalah, hanya karena masalah listrik tadi yang menjadi masalah,” ujar Muhammad Zainaini.

Baca Juga  Rasakan Sensasi Ekstrem Susur Sungai di Desa Teratau

Zain berharap agar listrik dapat segera masuk ke seluruh pelosok desa terpencil yang berada di Kecamatan Bintang Ara, sehingga layanan internet dapat beroperasi dengan maksimal.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: RulyandiTop of Form

Related Articles

Leave a Comment