Pemprov Kalsel Apresiasi Keberhasilan Poktan Bumi Kencana Kembangkan Bawang Merah

by tabalong hari ini
0 comment

Keberhasilan kelompok tani di Desa Pugaan mengembangkan bawang merah mendapat apresiasi dari Pemprov Kalsel. Keberhasilan ini ditandai dengan panen perdana bawang tersebut oleh seluruh Kepala Dinas Pertanian se-Kalimantan Selatan pada Jumat, 3 Maret 2023.

Panen bawang merah biji secara simbolis dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Syamsir Rahman didampingi seluruh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura se-Kalsel di Desa Pugaan Kecamatan Pugaan.

Bawang merah yang dipanen kali ini adalah varietas Maserati yang ditanam di lahan seluas satu hektar milik kelompok tani Bumi Kencana Desa Pugaan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman, mengaku gembira dengan hasil panen yang diperoleh kali ini, dimana benih bawang yang ditanam mampu berkembang dengan baik.

“Kami gembira ternyata benih bawang di sini mampu berkembang dengan baik, dengan bibit Maserati dari biji, kita bisa melihat ini adalah buktinya bahwa Tabalong itu sudah melakukan persiapan untuk kebutuhan ibukota negara nanti, tidak hanya dari segi padi, tapi juga hortikultura, bawang, cabe, lombok, tomat, jadi Pak Kepala Dinas sudah mempersiapkan dan kita sudah mengklaster, bagaimana bawang cabe di Tabalong itu siap,” ujar Syamsir.

Sementara itu, Kepala DKPPTPH Tabalong, Muhammad Mugeni, menyampaikan, berkat keberhasilan tersebut, kelompok tani akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berupa alsintan untuk kebutuhan pertanian hortikultura.

“Tentunya ini memberikan dampak positif kepada para petani, dan alhamdulillah langsung direspon oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan setelah melihat beliau hasil tanamnya, ditawari langsung, mau fasilitas apa untuk menunjang kegiatan ini, dan alhamdulillah dari ketua kelompok tadi mengajukan alsintan yaitu traktor rotari untuk pengolahan tanah,” kata Mugeni.

Selain memanen bawang merah, rombongan juga turut memanen padi varietas Siam Madu yang merupakan persilangan antara Mekongga dan varietas lokal di lahan milik kelompok tani Desa Bahungin, Kecamatan Kelua. Lokasi ini berada di Desa Bahungin, Kecamatan Kelua. Terima kasih atas laporannya,

Muhammad Ariadi, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment