Home Tabalong Hari IniKesehatan Hadirkan Gemarikan Cesting, Posyandu Kemuning Namun Optimis Juara

Hadirkan Gemarikan Cesting, Posyandu Kemuning Namun Optimis Juara

by tabalong hari ini
0 comment

Posyandu Kemuning desa Namun kecamatan Jaro ditunjuk pihak kecamatan Jaro untuk menjadi perwakilan di ajang lomba Posyandu tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023. Pasalnya, pihak kecamatan menilai Posyandu Kemuning desa Namun merupakan Posyandu yang dinilai aktif untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Camat Jaro, Sakam, saat menghadiri penilaian lomba Posyandu dan kader Posyandu pada Senin 29 Mei 2023 di desa Namun kecamatan Jaro.

Sakam mengatakan jumlah kunjungan ibu dan balita ke Posyandu Kemuning ini semakin meningkat. Hal ini dikarenakan keaktifan para kader Posyandu yang melaksanakan berbagai kegiatan Posyandu, terlebih dengan adanya inovasi-inovasi yang saat ini dijalankan.

Adapun inovasi yang dilakukan di Posyandu Kemuning ini adalah Gemarikan Cesting, yang mana inovasi ini merupakan kegiatan kampanye makan ikan yang dilaksanakan di Posyandu dengan memberikan penyuluhan kepada ibu balita dan memperkenalkan menu-menu makanan balita dengan bahan dasar ikan. Sehingga para ibu-ibu yang memiliki balita, maupun ibu menyusui dan ibu hamil, diberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan olahan makanan dari ikan.

Selain itu, setiap kunjungan ke Posyandu, para pengunjung mendapatkan beragam hadiah melalui inovasi Posyandu berhadiah yang dijalankan oleh Posyandu Kemuning.

“Inovasi yang diterapkan oleh Kemuning ini memang menyesuaikan dengan karakteristik dan selera masyarakat di sini. Alhamdulillah, dengan adanya doorprize ataupun semacam daya tarik, itu bisa menarik minat ibu-ibu dan balita untuk membawa balitanya ke Posyandu,” ujar Sakam, Camat Jaro.

Baca Juga  Utuh Diyang Tanjung Raih Prestasi Di Ajang Naga Kebudayaan Kalsel 2022

Sakam menambahkan, dirinya akan meminta semua kepala desa yang ada di kecamatan Jaro untuk bisa mengalokasikan anggaran untuk peningkatan pelayanan Posyandu melalui APBDes. Sehingga dengan adanya pengalokasian tersebut, diharapkan dapat memotivasi para kader Posyandu untuk menciptakan berbagai inovasi guna meningkatkan pelayanan Posyandu.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment