Lestarikan Kearifan Lokal Melalui Pasar Budaya Di SMKN 1 Tanjung

by tabalong hari ini
0 comment

SMK Negeri Satu Tanjung menggelar pasar budaya, yang dilaksanakan dari 10 hingga 11 November 2022. Pada kegiatan ini, para siswa dan siswi dari  kelas 10, menampilkan berbagai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Tabalong. Mulai dari tampilan seni lokal, budaya Tabalong, hingga kuliner Tabalong.

Tidak hanya menampilkan kearifan lokal, para murid kelas 10 ini juga dituntut untuk dapat mepresentasikan kearifan lokal yang mereka tampilkan, kepada para tamu dan pengunjung yang datang. Kepala SMK Negeri 1 Tanjung, Lis Sulastrini mengatakan. Kegiatan pasar budaya diselenggarakan sebagai salah satu pengimplementasian kurikulum merdeka. Terlebih SMK Negeri 1 Tanjung menjadi sekolah yang ditunjuk pemerintah sebagai sekolah pusat keunggulan.

“Ini adalah dilakukan untuk anak-anak kelas 10 mengenai P5, karena SMK Negeri 1 Tanjung ditunjuk oleh pemerintah selaku sekolah pusat  keunggulan dan ini satu- satunya di Kabupaten Tabalong. Aplikasi dari kurmer atau kurikulum merdeka itu adalah  pembelajaran P5 untuk Kelas 10, jadi digelarlah pasar budaya yang mengangkat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Tabalong,” terangnya.

Lis Sulastrini berharap, melalui pasar budaya ini para murid dapat mencintai budaya lokal, dan mengunggulkan serta membudayakan kearifan lokal Tabalong. Mengingat generasi muda dituntut mencintai budaya yang ada di daerahnya masing-masing.

Maria Ulfah,TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment