Home Tabalong Hari Ini Cuaca Ekstrim, 145 Hektar Padi di Rawa Lebak Kelua Kembali Berhasil Dipanen

Cuaca Ekstrim, 145 Hektar Padi di Rawa Lebak Kelua Kembali Berhasil Dipanen

by Muhammad Rais
0 comment

Pemkab Tabalong bersama unsur Forkopimda Tabalong serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan menghadiri syukuran panen padi di Desa Telaga Itar, Kecamatan Kelua, pada Sabtu, 16 September 2023.

Syukuran ini ditandai dengan panen padi secara simbolis yang dilakukan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, sejumlah unsur Forkopimda Tabalong, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Syukuran panen padi dilakukan pada lahan Rawa Lebak seluas 145 hektar, yang merupakan lahan milik Kelompok Tani Sinar Telaga, Desa Telaga Itar, Kecamatan Kelua.

Adapun padi yang dipanen kali ini adalah padi varietas Mekongga Inpari 32, Inpari 8, dan Siam Madu.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, menuturkan jika di daerah lain saat ini terjadi kekeringan, sehingga harga beras mulai meroket naik. Namun, di Kabupaten Tabalong, pada akhir musim tanam April-September, mereka dapat melaksanakan panen. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari perubahan petani Tabalong yang sudah mulai berubah.

“Petani Tabalong di bawah penyuluh sudah mulai berubah, mulai mengurangi menggunakan otot tetapi memperbanyak menggunakan otak, sehingga di awal Januari-Februari banjir ya, yang memungkinkan gagal tanam dan gagal panen, tetapi alhamdulillah petani di sini tetap terhindar dari gagal tanam dan gagal panen,” ungkap Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Ratusan Pegiat Logo Ikuti Lomba Balogo Kepemudaan

Bupati Anang menambahkan bahwa melalui panen padi ini diharapkan dapat menjaga pasokan pangan untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Tabalong maupun di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong, panen padi di Kabupaten Tabalong sampai dengan bulan September 2023 mencapai 10.490 hektar, dengan produktivitas rata-rata sebanyak 5,6 ton per hektar.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment