Harga Kambing Naik Jelang Idul Adha

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Inilah kandang kambing milik tumirah yang berada di Kelurahan Hikun Kecamatan Tanjung. Ia menjual kambing dari berbagai jenis dengan variasi harga mulai dari satu juta hingga tujuh juta rupiah. Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah kambing kini mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, kenaikan bahkan mencapai angka 700 ribu hingga satu juta rupiah per ekor.

Pemasik kambing dan sapi, Tumirah mengatakan, kenaikan harga kambing di tempatnya dilatarbelakangi dari harga beli di tingkat peternak yang sudah tinggi. Ia menilai harga tersebut juga beriringan dengan harga sembako yang kian meningkat.

“yang nyata harga sembako dulu naik ya klo, petaninya handak jua menaik akan (biasanya sebelum naik ini bi berapa selisih harganya?) yang dahulu ganal kaya ini aku bejual 6 juta ay hari ini parak 7” Kata Tumirah, Pemasok Kambing & Sapi Hikun.

Tumirah menambahkan, selain meningkatnya harga sembako di pasaran, langka dan tingginya harga ampas tahu di distributor tahu membuat harga pakan untuk pembesaran kambing membengkak, sehingga peternak melakukan penyesuaian terhadap harga penjualan kambing. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment