Home Tabalong Hari Ini Aruh Baharin Cara Masyarakat Dayak Deah Ungkapkan Rasa Syukur

Aruh Baharin Cara Masyarakat Dayak Deah Ungkapkan Rasa Syukur

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki yang telah diberikan Sang Pencipta, masyarakat Dayak Deah di Kecamatan Upau melaksanakan Aruh Baharin. Tradisi ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang dan terus dilestarikan oleh masyarakat Dayak Deah hingga sekarang.

Pelaksanaan Aruh Baharin ini dilakukan oleh keluarga Bapak Srikandi, yang merupakan masyarakat adat Dayak Deah di Kecamatan Upau dan sekaligus anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tabalong.

Aruh Baharin ini berlangsung di Desa Kaong, Kecamatan Upau, selama 4 hari 3 malam, yaitu dari tanggal 17 hingga 20 September 2023.

Pelaksanaan Aruh Baharin ini digelar berkat terkabulnya hajat dari tuan rumah atas sesuatu yang dihajatkan.

Selain pelaksanaan ritual adat pada malam hari, dalam Aruh Baharin ini juga dilakukan penyembelihan hewan persembahan berupa 2 ekor kerbau, 2 ekor kambing, serta puluhan ekor ayam berbagai macam warna.

Camat Upau dan Kapolsek Upau diberikan kepercayaan dan kehormatan untuk melaksanakan penyembelihan.

Selain itu, pada tradisi ini berbagai sesajen hasil panen dipersiapkan sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Upacara Aruh Baharin dilakukan setelah musim panen padi ladang atau pahumaan, yang mana menurut kepercayaan, beras hasil panen padi belum boleh digunakan sebelum digelar upacara yang dipusatkan di balai adat, rumah adat, atau tempat khusus yang disiapkan untuk keperluan upacara.

“aruh adat baharin kenapa harus dilaksanakan karena menjalankan tradisi leluhur nenek moyang kita dari tempo dulu sampai sekarang. Kalau bagi kami yang masih memegang erat aliran kepercayaan itu tidak ada sama sekali tergerus oleh perkembangan zaman dan era globalisasi yang ada pada zaman sekarang” ujar Srikandi, Pelaksana Aruh Baharin.

Camat Upau Agustian mengapresiasi dan berterimakasih karena telah melibatkan dirinya dalam pelaksanaan Adat Baharin yang digelar masyarakat Dayak Deah ini. Ia menuturkan, bahwa dengan adanya tradisi ini membuktikan bahwa masyarakat Kecamatan Upau memiliki toleransi yang tinggi.

“Kami pun dari Pemerintah Kecamatan sangat berterimakasih kepada tuan rumah dalam hal ini pak Srikandi yang sudah mengundang kami bahkan menjamu kami dari hari pertama sampai dengan malam terakhir pelaksanaan dan ini adalah pengalaman yang baru bagi kami dan kami melihat bahwa di kegiatan ini toleransi antar umat beragama ini sungguh sangat luar biasa nah ini membuktikan bahwa Bhinneka nya majemuk nya upau ini terlihat di kegiatan Aruh Baharin ini,”kata Agustian, Camat Upau.

Agustian berharap tradisi Aruh Baharin ini dapat terus dilestarikan oleh para generasi selanjutnya, mengingat tradisi ini merupakan identitas masyarakat Dayak Deah.

(Tim Liputan Kantor Kecamatan Upau, melaporkan untuk TV Tabalong)

Baca Juga  Tabalong Farmers Field Day Jadi Upaya Perkuat Sektor Pertanian

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment