Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Jamaah Haji Tabalong Kloter 2 dan 13 Akan Lakukan Tawaf Wada’

Jamaah Haji Tabalong Kloter 2 dan 13 Akan Lakukan Tawaf Wada’

by Muhammad Rais
0 comment

Pada saat ini, seluruh jamaah haji di seluruh dunia, termasuk jamaah haji Kabupaten Tabalong, akan menyelesaikan prosesi ibadah haji. Rangkaian ini ditutup dengan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan di Kota Suci Mekah.

Sebanyak 322 jamaah haji Tabalong kloter 2 embarkasi Banjarmasin dan 112 jamaah haji Tabalong kloter 13 embarkasi Banjarmasin rencananya akan melaksanakan tawaf wada’ pada Minggu, 9 Juli 2023 waktu Arab Saudi.

Usai pelaksanaan tawaf wada’ tersebut, jamaah haji kloter 2 nantinya akan bersiap-siap untuk pulang ke tanah air, sedangkan jamaah kloter 13 akan diberangkatkan menuju Kota Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah arba’in dan ziarah seputaran Kota Madinah.

Dikatakan oleh pembimbing jamaah haji, Ustadz Ahmad Rizani Asmail, tawaf wada’ merupakan salah satu kewajiban sebelum meninggalkan Kota Suci Mekah.

“Setelah melaksanakan tawaf wada’ sebagai penutup amaliyah haji dan umrah, jamaah yang akan meninggalkan Kota Mekah untuk gelombang pertama akan menuju tanah air, atau menuju Indonesia, sedangkan untuk gelombang kedua akan menuju Kota Madinah. Ini merupakan kegiatan penutup dari segenap kegiatan yang ada di Kota Mekah, karena kata Rasulullah, tidaklah seseorang meninggalkan Kota Mekah tanpa terlebih dahulu melaksanakan salah satu kewajiban, yaitu tawaf wada’,” ujar Ustadz Ahmad Rizani Asmail, pembimbing jamaah haji.

Untuk saat ini, jamaah haji kloter BDJ 02 juga telah melaksanakan timbang barang bawaan, dan rencananya akan tiba di tanah air pada Selasa, 11 Juli 2023.

Baca Juga  Penyediaan Lampu PJU Jalan Tanjung Green City Masuki Tahap Lelang

Sementara itu, jamaah haji kloter 13 akan berada di Kota Madinah selama 8 hari sebelum kembali ke tanah air.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment