Home Editor's Picks Soal Pemilih Ganda Masih Jadi Fokus KPU Tabalong untuk Perbaiki Data Pemilih

Soal Pemilih Ganda Masih Jadi Fokus KPU Tabalong untuk Perbaiki Data Pemilih

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong terus melakukan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Umum 2024 mendatang. Pemutakhiran data dilakukan khususnya untuk data pemilih ganda.

Hal ini disampaikan Komesioner KPU Tabalong Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin), Sunaryo, saat dijumpai di kantor KPU Kabupaten Tabalong belum lama tadi.

Sunaryo menilai pemilih ganda merupakan salah satu permasalahan yang menjadi fokus KPU Tabalong dalam proses penetapan Daftar Pemilih Tetap atau DPT untuk Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, hingga 16 Mei 2023, KPU Tabalong mencatat masih ada 45 pemilih ganda yang berada di luar Kabupaten Tabalong.

Untuk itu, Sunaryo mengimbau kepada para pemilih yang terindikasi ganda dan akan menggunakan hak pilihnya di Tabalong untuk segera melapor ke KPU domisili sebelumnya atau berkoordinasi dengan KPU Tabalong guna diberikan bantuan pencabutan berkas.

“Misalkan masih ada bisa berhubungan, kalau tidak bisa kami yang membantu kami yang berkoordinasi antar KPU, jadi nanti kami bisa berusaha menghubungi KPU terdahulunya, misalkan di balik papan agar disana bisa di TMSkan baru kita bisa daftarkan kesini karena ini upaya agar jangan sampai ada data-data ganda,” ujar Sunaryo, Komesioner KPU Tabalong Divisi Rendatin.

Sunaryo menambahkan bahwa sebelumnya KPU Tabalong telah merampungkan pembersihan data pemilih ganda untuk luar negeri dan wilayah Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  4 Proyek Pembangunan di Desa Uwie Diresmikan Bupati Anang

Kini KPU Tabalong juga akan kembali menyisir data ganda yang tersisa untuk dilakukan penghapusan melalui identifikasi dan koordinasi, sehingga diharapkan Pemilu 2024 mendatang dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment