Home Tabalong Hari Ini Peringati Hari Ibu, RSPT Dan Pertamina Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks

Peringati Hari Ibu, RSPT Dan Pertamina Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks

by Muhammad Rais
0 comment

Dimomen peringatan hari Ibu Nasional yang ke-95 Rumah Sakit Pertamina Tanjung bekerjasama dengan PT Pertamina Persero menggelar seminar deteksi dini dan pencegahan kanker serviks pada jum’at 22 desember 202  di gedung Mustika Patra Komplek Pertamina Murung Pudak.

Seminar deteksi dini dan pencegahan kanker serviks dihadiri langsung 200 peserta yang berasal dari sejumlah organisasi wanita di Tabalong dan masyarakat, serta diikuti ratusan peserta secara daring.

Seminar ini diisi oleh narasumber Dokter Spesialis Kandungan Aris Budianto yang menyampaikan materi terkait gejala kanker serviks, penyebab terjadinya kanker serviks, proses penularan, hingga langkah apa yang harus dilakukan jika terdiagnosa positif terpapar virus atau positif terkena kanker serviks.

Dalam seminar ini para peserta mengikuti dengan antusias. Hal ini terlihat dari aktifnya parsipasi peserta untuk bertanya dan berdiskusi.

Vice Director HCGA Rumah Sakit Pertamina Tanjung, Ryan Ardiansyah mengatakan seminar ini digelar sebagai bentuk komitmen pihaknya untuk terus berkontribusi dalam memberikan sumbangsih pada bangsa dan negeri, khususnya di Kabupaten Tabalong.

Ryan berharap kegiatan ini memberi manfaat bagi para ibu di Kabupaten Tabalong, dan dapat memberikan kemudahan dan wawasan yang lebih tentang apa itu kanker serviks. Sehingga kedepannya dapat melakukan skrining lebih awal untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya kanker serviks.

“Besar harapan kami acara yang dapat diselenggarkan ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Tabalong khsusnya. Dan tentunya ini memberikan sebuah apa namanya kemudahan bagi warga Tabalong untuk memberikan rasa aman terutama bagi ibu-ibu yang saat ini mungkin banyak kekhawatiran terhadap apa itu kanker serviks dan sebagainya, mudah-mudahan ini juga dapat memberikan kekuatan baru bagi ibu-ibu yang ada di tabalong ini untuk dapat memberikan pengabdian terbaik bagi keluarga kepada bangsa dan negara.”

Baca Juga  Pasca Diresmikan Guru, Danau, Masjid Nurul Hayat Padang Lumbu Gelar Salat Jumat Perdana

Tidak hanya mengikuti seminar, para peserta juga mendapatkan pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks menggunakan metode HPV DNA dengan menggunakan sample urine.

Diketahui, kegiatan seminar deteksi dini dan pencegahan kanker serviks ini juga dilaksanakan serentak di 37 lokasi di Indonesia dengan audiens sebanyak 5.000 peserta.

Maria ulfah, tv tabalong, melaporkan.

Related Articles

Leave a Comment