Home Editor's Picks Camat Tanjung Harap Dana Desa Diarahkan Dukung RKPD 2024 Tabalong

Camat Tanjung Harap Dana Desa Diarahkan Dukung RKPD 2024 Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintahan Desa dan Kelurahan yang ada di Tanjung diharap mendukung pengembangan sektor agrowisata dan peningkatan IPM. Pasalnya kedua sektor tersebut, merupakan prioritas RKPD Tabalong Tahun 2024.

Harapan itu disampaikan Camat Tanjung, Arianto saat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2024 tingkat Kecamatan Tanjung, pada Selasa 7 Februari 2024, di Kantor Kecamatan Tanjung.

Arianto berharap kepada Pemerintahan Desa dan Kelurahan untuk mendukung program prioritas rencana kerja pemerintah daerah RKPD 2024 Tabalong dengan mengalokasikan anggaran dana desa maupun dana kelurahan untuk pengembangan agrowisata dan peningkatan IPM.

Pasalnya dana desa berupa transfer dari pemerintah pusat, yang sebelumnya wajib dialokasikan minimal 40& untuk BLT, kini berkurang menjadi maksimal 25%, sehingga tersedia sisa dana untuk mendukung kedua hal tersebut.

“Nah untuk Tahun 2023 ini maksimal hanya 25%. Nah jadi sisanya desa bisa melaksanakan pembangunan melalui dana yang lebih banyak. Alokasinya lebih banyak untuk pembangunan agrowisata, maupun pemberdayaan masyarakatnya,” katanya.

Sekedar diketahui, sebanyak 142 usulan disampaikan dalam Musrenbang RKPD 2024 tingkat Kecamatan Tanjung.

Usulan tersebut didapat dari hasil Musrenbang 4 kelurahan, dan 11 desa yang ada di Kecamatan Tanjung, yang terdiri dari 84 usulan infrastruktur yang didominasi jalan dan jembatan, 15 usulan bidang ekonomi terkait pertanian dan perkebunan, serta 43 bidang pelayanan publik terkait sarana kesehatan dan pendidikan anak,

Baca Juga  DPRD Tabalong Kembali Kawal Usulan Jalan Baru Kelua-Tanjung

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment