Home Tabalong Hari Ini Seminar Dan Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis Disambut Peserta

Seminar Dan Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis Disambut Peserta

by Muhammad Rais
0 comment

Adanya seminar dan pemeriksaan kanker serviks gratis yang digelar RSPT bersama Pertamina Tanjung, disambut baik sejumlah peserta. Pasalnya selain menambah wawasan, kegiatan ini juga dinilai sangat membantu para wanita dalam upaya deteksi dini kanker serviks.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pengurus persatuan wanita patra field Tanjung Rere Iwan saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan seminar deteksi dini dan pencegahan kanker serviks yang dilaksanakan pada jum’at 22 desember 2023, di Mustika Patra Komplek Pertamina Murung Pudak.

Rere mengatakan sejauh ini pemeriksaan kanker serviks merupakan hal yang tabu untuk dilakukan. Pasalnya selama ini metode pemeriksaan dinilai sangat intim dan langsung bersentuhan dengan dokter atau petugas yang memeriksa.

Karenanya dengan metode pemeriksaan HPV DNA yang menggunakan urine, dinilainya sangat mudah dan membuat privasi tetap terjaga.

“jadi kegiatan ini sangat sangat bermanfaat bagi kita kaum wanita ya terutama kita ketahui sebelumnya bahwa banyak diantara kita yang sebelumnya merasa khawatir dan enggan untuk memeriksakan diri karena akan adanya diagnosis dokter nih kalau saya terkena kanker, dan yang kedua karena pemeriksaannya yang mungkin harus bersentuhan atau sangat intim dengan pemeriksa. Ini menjadikan kita tidak nyaman. Dan hari ini RSPT bekerjasama dengan pertamina  mengadakan program yang sangat baik sekali yaitu pemeriksaan dini kanker serviks ini dengan metode yang terbaru yaitu pengambilan sample dari urine.”

Baca Juga  Kepala Dinas LH Ajak ASN Jaga Kebersihan Lingkungan Kerja & Rumah

Hal senada juga dirasakan oleh peserta seminar lainnya yakni Alice yang mengaku sangat antusian ketika mengetahui adanya pemeriksaan kanker serviks gratis  dengan hanya menggunakan sample urine.

“luar biasa sekali ya akhirnya ada pemeriksaan gratis yang pemeriksaannya itu sangat lah mudah karena selama ini kita ketahui bahwa pemeriksaannya agak gimana gitu ya, sebenernya dari dulu udah mau pemeriksaan tapi maju mundur karena setau saya memang agak gimana kan ya, dan akhirnya pas saya tau ternyata ada program ini dan pemeriksaannya dari urine dan saya langsung ikut dan ajak teman teman juga.”

Para peserta berharap kedepannya kegiatan seminar sekaligus pemeriksaan kanker serviks gratis ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Diketahui seminar deteksi dini dan pencegahan kanker serviks yang digelar untuk memperingati hari ibu nasional ke-95 dihadiri langsung 200 peserta yang  berasal dari sejumlah organisasi wanita di Tabalong dan masyarakat, serta diikuti ratusan peserta secara daring.

Seminar ini diisi oleh narasumber Dokter Spesialis Kandungan Aris Budianto yang merupakan dokter di Rumah Sakit Pertamina Tanjung.

Maria ulfah, tv tabalong, melaporkan.

Related Articles

Leave a Comment