Home Tabalong Hari Ini Jelang Lomba OSN, Disdik Tabalong Bekali Ratusan Guru Pembimbing

Jelang Lomba OSN, Disdik Tabalong Bekali Ratusan Guru Pembimbing

by Muhammad Rais
0 comment

Disdikbud Tabalong menggelar workshop bagi ratusan guru pembimbing Olimpiade Sains Nasional atau OSN jenjang Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini digelar agar para guru siap mendampingi anak didiknya dalam menghadapi OSN.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong melalui Bidang PSMP menggelar kegiatan workshop kepada 180 guru pembimbing OSN jenjang Sekolah Menengah Pertama yang ada di Tabalong, pada Selasa, 26 Maret 2024, di Aula Islamic Center Maburai.

Kegiatan ini diisi penyampaian sejumlah materi oleh 6 orang narasumber yang telah berhasil membawa anak didiknya mengikuti Olimpiade Sains tingkat nasional.

Adapun materi yang disampaikan, yaitu terkait berbagai contoh soal hingga metode pembelajaran yang tepat untuk masing-masing anak didik.

Saat diwawancara usai kegiatan, Ketua Pelaksana Workshop, Iseu Widiartina menjelaskan bahwa dalam kegiatan workshop ini, para peserta dan juga narasumber melakukan pembahasan dan pemecahan soal OSN yang dianggap rumit secara bersama-sama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi di satuan pendidikan bagaimana untuk membedah soal-soal OSN yang bisa dikatakan sulit. Berangkat dari permasalahan itu, di sini kami Bidang PSMP Dinas Pendidikan memberikan wadah kepada guru pembina OSN itu untuk sama-sama di sini untuk memecahkan soal-soal tersebut,” ujar Iseu Widiartina, Ketua Pelaksana Workshop.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Tonie Marwan, mengharapkan agar workshop yang dilaksanakan selama 2 hari dapat diikuti dengan baik oleh peserta. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi momen saling bertukar ilmu dalam mempersiapkan anak didiknya untuk dapat melaju di tingkat nasional.

Baca Juga  BKN Batalkan 3043 Pelamar P3K Guru Tahun 2022, BKPSDM : P3K Guru Tabalong Aman!

“Kami berharap kawan-kawan di satuan pendidikan itu mengikuti ini sebaik mungkin, ikuti, dengarkan, simak baik-baik. Jadikan kawan-kawan nara sumber dan fasilitator itu tempat kawan-kawan satuan pendidikan untuk saling mengisi dan berbagi informasi terkait upaya kita untuk membekali anak-anak kita yang akan berlomba di kegiatan Olimpiade Sains Nasional,” ujar Tonie Marwan, Kepala Disdikbud Tabalong.

Diketahui, pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional SMP tingkat Kabupaten Tabalong akan berlangsung secara online, dari tanggal 1 hingga 2 April 2024 mendatang. Terdapat 3 jenis mata pelajaran yang dilombakan, yaitu IPA, IPS, dan juga Matematika.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment