Home Tabalong Hari Ini Diskop UKM Perindag Siap Bina dan Dampingi Wirausaha Baru di Tabalong

Diskop UKM Perindag Siap Bina dan Dampingi Wirausaha Baru di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong siap memfasilitasi para wirausaha baru sektor industri pangan untuk mendapatkan perizinan berusaha hingga pemasaran. Hal ini dilakukan agar produk industri pangan yang dihasilkan dapat dikenal masyarakat luas.

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Industri, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Rikaria Ayuningtias, saat diwawancarai usai pembukaan pelatihan penumbuhan wirausaha baru industri pangan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, pada Selasa 20 Juni 2023, di BPP Kembang Kuning.

Rika menjelaskan bahwa sebagai tindak lanjut adanya pelatihan pembuatan sambal dari bahan utama cabai tiung tanjung ini, maka pihaknya akan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para peserta, agar usai pelatihan para peserta dapat menjalankan usaha tersebut secara berkesinambungan, sehingga dapat menumbuhkan wirausaha baru di Tabalong.

Terlebih, Diskop UKM Perindag Kabupaten Tabalong siap untuk memfasilitasi wirausaha baru tersebut untuk mendapatkan perizinan berusaha, pembuatan labeling produk, membantu untuk mendapatkan sertifikasi halal, serta membantu untuk mempromosikan produk melalui pameran.

“Jadi untuk pengolahan dari cabai tiung tanjung ini diolah menjadi sambel dalam bentuk kemasan yang nantinya program kegiatan ini akan terus berlanjut. Kita fasilitasi perizinan berusaha, kemudian kita juga lakukan pendampingan terkait dengan pemasarannya bagaimana. Target kami sih memang produk-produk ini bisa muncul nanti, kita bantu pasarkan melalui gelaran produk promosi, yaitu melalui pameran” ujar Rikaria Ayuningtias, Kabid Industri Diskop UKM Perindag Tabalong.

Baca Juga  Soal Pemilih Ganda Masih Jadi Fokus KPU Tabalong untuk Perbaiki Data Pemilih

Rika berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat memotivasi para peserta untuk bisa berwirausaha tidak hanya sebagai petani saja. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Tabalong, yaitu menumbuhkan wirausaha baru guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment