Home Tabalong Hari IniDari Desa Desa Wayau Jadi Sasaran Monitoring dan Evaluasi Jajaran Kecamatan Tanjung

Desa Wayau Jadi Sasaran Monitoring dan Evaluasi Jajaran Kecamatan Tanjung

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk mengevaluasi tata kelola pemerintahan desa atas pelaksanaan APBDes, jajaran Kecamatan Tanjung melakukan monitoring dan evaluasi di Desa Wayau pada Selasa, 16 Mei 2023.

Bertempat di Kantor Desa Wayau, monitoring dan evaluasi ini dipimpin langsung oleh Camat Tanjung, Rofik Azidin.

Monitoring dan evaluasi terkait tata kelola pemerintahan desa dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022 dan tahun 2023 di Desa Wayau merupakan yang ke-7 dari 11 desa yang ada di Kecamatan Tanjung.

Camat Tanjung, Rofik Aziddin, menjelaskan bahwa monitoring ini dilakukan sebagai langkah antisipasi kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah desa, baik saat perencanaan maupun tata cara penganggaran, sehingga ke depan pengelolaan keuangan desa semakin baik.

“Jadi kami evaluasi monitoring kami langsung berikan arahan, ini yang benar seperti ini yang salah seperti ini, tapi ini kan tahun 2022 sudah selesai, sudah ada pelaporan dan segala macam, nah 2023 kami minta hasil evaluasi tahun 2022 itu di 2023 perubahan akan kita rubah, misalkan tadi ada honorarium telepon untuk aparat desa semua, itu tidak boleh 2023 itu harus kita hapus,” ujar Rofik Aziddin, Camat Tanjung.

Menanggapi hal ini, Kepala Desa Wayau, Masrani, menyambut baik kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan jajaran kecamatan. Ia menilai dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pelajaran agar pekerja di desa dapat bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mengurangi tingkat kesalahan.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Susun Kegiatan Rangkaian Hari Jadi

“Ya dari kita sebenarnya menyambut baik dengan adanya seperti ini, karena ini setidaknya memberikan kita pelajaran dan arahan supaya kita bisa mengurangi tingkat kesalahan, artinya ini buat kita juga tapi bukan buat siapa-siapa, kita yang bekerja di desa di sini pun juga sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Masrani, Kades Wayau.

Masrani pun berharap kegiatan ini dapat menjadi rutinitas dan tidak hanya dilaksanakan satu kali ini saja, sehingga desa yang dilakukan monitoring dan evaluasi dapat melaksanakan pengelolaan APBDes dengan baik.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment