Home Tabalong Hari Ini Disnaker Tabalong Buka 46 Paket Pelatihan di Tahun 2024

Disnaker Tabalong Buka 46 Paket Pelatihan di Tahun 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Di tahun 2024, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong akan kembali membuka puluhan paket program pelatihan untuk masyarakat. Program tersebut akan dibuka secara bertahap mulai Februari mendatang.

Sebanyak 14 paket pelatihan akan dibuka oleh Dinas Tenaga Kerja Tabalong melalui Bidang Penempatan Tenaga Kerja, yang terdiri dari wirausaha baru sebanyak 7 paket dan pelatihan untuk tenaga kerja sebanyak 7 paket. Melalui UPTD Balai Pelatihan Kerja, terdapat 32 paket pelatihan yang bersumber dari APBN sebanyak 10 paket, APBD kegiatan institusional sebanyak 7 paket, dan APBD non-institusional sebanyak 15 paket pelatihan.

Adapun kompetensi keahlian yang akan dibuka oleh Disnaker Tabalong antara lain seperti menjahit (2 paket), membuat kue (2 paket), membuat hampers (3 paket), pelatihan ahli K3 (1 paket), garda pratama (1 paket), konten kreator (1 paket), dan pelatihan penyuluhan bimbingan jabatan (4 paket).

Kompetensi keahlian yang akan dibuka di BLK yang bersumber dari APBN, seperti las 3D (2 paket), desain grafis muda (2 paket), pemeliharaan kendaraan ringan dengan sistem injeksi (1 paket), perawatan dan pemeliharaan AC rumah tangga (1 paket), pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana (1 paket), menjahit pakaian wanita dewasa (1 paket), pembuat roti dan kue (2 paket).

Kompetensi keahlian yang akan dibuka dari dana APBD institusional seperti teknik akuntansi junior, kujuran mobil diesel, las listrik, desainer grafis muda, operator komputer muda, servis AC, dan membuat kue dan roti masing-masing 1 paket.

Baca Juga  Penutupan PBAK Mahasiswa Baru STIT Syeikh Muhammad Nafis Tabalong

Sedangkan kompetensi keahlian yang akan dibuka melalui dana APDB non-institusional, seperti las listrik (2 paket), mekanik junior sepeda motor (2 paket), sablon (2 paket), servis AC (1 paket), pembuat kerupuk (1 paket), dan pembuat roti dan kue (7 paket).

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Hady Ismanto, saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, 19 Januari 2024, mengatakan program pelatihan ini akan dibuka secara bertahap mulai bulan Februari 2024 mendatang.

“Mereka pasti ingin mengetahui informasi-informasi mengenai pelatihan, ya mungkin dia bisa memfollow sosmed di blk atau pun disnaker melalui Instagram, facebook atau website, perihal update pengumuman, peserta pelatihan dan informasi terkait wirausaha baru, jadi biasanya kami kalau sudah ada informasi kami sudah menarohnya di website, jadi kalau masyakat sudah memfollow pasti ada infonya.” ujar Hady Ismanto, Sekretaris Disnaker Tabalong.

Hady berharap, dengan adanya pelatihan ini, masyarakat Kabupaten Tabalong akan memiliki keterampilan dan kemampuan untuk bersaing dalam mencari pekerjaan, serta menjadi lebih bersemangat untuk berwirausaha.

Diketahui, pada tahun 2024 ini, Disnaker Tabalong menargetkan sebanyak 970 orang mengikuti pelatihan, yang terdiri dari 458 orang mengikuti paket pelatihan Disnaker dan 512 orang mengikuti pelatihan di BLK.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment