Home Tabalong Hari Ini Apoteker Diharap Jadi Pendamping Sertifikasi Halal UMKM

Apoteker Diharap Jadi Pendamping Sertifikasi Halal UMKM

by Muhammad Rais
0 comment

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Tabalong menggelar seminar dan workshop sertifikasi halal bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Tabalong. Kegiatan ini diikuti oleh apoteker Indonesia se-Banua Lima provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan seminar dan workshop ini diikuti ratusan apoteker yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia se-Banua Lima, seperti Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, dan Balangan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring maupun luring pada Sabtu, 16 September 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan.

Pada pelaksanaan seminar dan workshop ini, IAI Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan Pusat Halal Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dan menghadirkan tiga orang narasumber. Mereka menyampaikan materi mengenai kebijakan umum dan regulasi jaminan produk halal, P3H dan tata kelembagaan LP3H, serta verifikasi dan validasi data oleh P3H.

Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia, Setyawan Andri Wibowo, berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, para apoteker di Tabalong bisa menjadi pendamping bagi para pelaku UMKM di wilayahnya masing-masing agar bisa mendapatkan sertifikasi halal.

“Jadi harapan kami untuk sertifikasi halal yang pertama adalah apoteker bisa menjadi pendamping di Kabupaten Tabalong. Kita ada 87 anggota, jadi nanti pengusaha-pengusaha mikro di Tabalong tidak perlu bingung untuk sertifikasi halal. Nanti itu akan tersebar di 12 kecamatan, jadi nanti kawan-kawan apoteker yang sudah dilatih hari ini nanti bisa menjadi pendamping,” ujar Setyawan Andri Wibowo, Ketua PC IAI Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Hamida Munawarah Pimpin Tabalong, ini Harapan Anang…

Setelah melakukan seminar dan workshop, keesokan harinya kegiatan akan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus cabang Ikatan Apoteker Indonesia se-Banua Lima provinsi Kalimantan Selatan, serta penerbitan sertifikasi halal bagi puluhan UMKM di Tabalong yang sebelumnya telah mendaftarkan usahanya.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Top of Form

Related Articles

Leave a Comment