YABN Pantau Hasil Usaha Program Adaro Santri Sejahtera

by tabalong hari ini
0 comment

Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri, Adjie Sapta, mengunjungi unit usaha yang ada di Pondok Pesantren Pertanian Al-Islam di Desa Kambitin, pada 2 November 2022. Kunjungan ini untuk memonitor dan mengevaluasi, Program Adaro Santri Sejahtera, hasil kerjasama Adaro dengan Ponpes.

Saat ini, Program Adaro santri sejahtera juga masuk dalam Program Kedaireka dari Kemendikbud. Sehingga program pass juga dikerjasamakan dengan Universitas Lambung Mangkurat.

Dari hasil monitoring, Adjie Sapta menilai unit usaha yang ada di Ponpes Al Islam sudah berjalan baik, seperti perikanan dan peternakan. Adjie pun berharap, kolaborasi Mahasiswa ULM, Adaro, dan pondok pesantren bisa membawa unit usaha menjadi sumber kesejahteraan pondok pesantren.

“Perbaikan-perbaikan dari mahasiswa dan dosen-dosen nya bisa membuat usaha semakin berkembang, dan kemudian para santri-santri disini mendapatkan pengajaran dari para dosen, dari mahasiswa, kemudian dari Adaro sendiri, yang membuat santri ke depan nya bisa melakukan unit usaha tersebut, dan pesantren nya juga semakin sejahtera, santri-santri nya juga bisa melakukan unit usaha, dan mereka bukan hanya santri yang bisa dakwah, tapi juga bisa mempuyai jiwa wirausaha di masa depan,” katanya.

Selain memantau perkembangan unit usaha, Jajaran YABN juga melakukan penanaman pohon bambu, dengan harapan dapat menimbulkan manfaat. Salah satunya menjadi sarana bagi ketersediaan air di pondok pesantren terutama dalam memasuki musim kemarau, karena sering terjadi kekurangan air di pondok pesantren ini.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment