Home Tabalong Hari Ini Disbunnak Tabalong: Barcode Bakal Jadi Tanda Hewan Kurban Sehat dan Aman

Disbunnak Tabalong: Barcode Bakal Jadi Tanda Hewan Kurban Sehat dan Aman

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong bakal melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak di tingkat peternak dan pengusaha. Ini dilakukan guna memastikan hewan kurban di Tabalong aman dan sehat menjelang Idul Adha Juni mendatang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, yang ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, 23 April 2024, menjelaskan pemeriksaan kesehatan akan menyasar seluruh hewan kurban yang ada di Tabalong.

Pemeriksaan dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan melakukan ibadah kurban, terlebih saat ini penyakit Mulut dan Kuku atau PMK dan Lumpy Skin Disease atau LSD pada hewan ternak masih menjadi perhatian.

Lebih lanjut, Suwandi menjelaskan bahwa hewan ternak kurban yang telah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat dan aman untuk dikonsumsi nantinya bakal memiliki tanda khusus berupa barcode.

“Jadi masyarakat nanti akan kita himbau untuk membeli ternak yang sudah ada tanda dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, yaitu ada barcodenya nanti di telinga ada barcode, jadi misalkan ada barcode maka dinyatakan bahwa ternak tersebut sehat,” ungkap drh. Suwandi, Kabid Keswan & Kesmavet Disbunnak Tabalong.

Suwandi memastikan hingga saat ini seluruh hewan ternak di Tabalong masih aman serta belum ada laporan adanya paparan penyakit PMK dan LSD.

Disamping itu, guna menjamin hewan kurban yang dipotong halal, aman, dan sehat untuk dikonsumsi, Suwandi juga mengajak masyarakat agar memanfaatkan rumah potong hewan yang dikelola Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Progres Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Rata-Raya Capai 70% Hingga 75% Dari Anggaran

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment