Home Tabalong Hari Ini Jelang Idul Adha, Disbunnak Tabalong Antisipasi Ketersediaan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Disbunnak Tabalong Antisipasi Ketersediaan Hewan Kurban

by Muhammad Rais
0 comment

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong akan mengupayakan penambahan stok hewan kurban. Penambahan stok dilakukan lantaran ketersediaan hewan kurban di Tabalong belum mencukupi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, yang ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, 23 April 2024.

Suwandi memperkirakan kebutuhan hewan ternak kurban di Tabalong pada tahun 2024 akan meningkat dibanding tahun 2023 lalu. Pada tahun lalu, jumlah hewan ternak yang dipotong telah mencapai 1.074 ekor, terdiri dari sapi sebanyak 955 ekor, kerbau 37 ekor, dan kambing 82 ekor.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak kurban tahun ini, Suwandi menjelaskan bahwa pihaknya bersama pengusaha akan berupaya mendatangkan hewan kurban dari luar daerah. Mengingat populasi hewan ternak di Tabalong yang berjumlah 6.046 ekor, terdiri dari sapi 3.435 ekor serta kambing 2.611 ekor, belum mampu memenuhi kebutuhan kurban lantaran sebagian besar populasi tersebut merupakan indukan dan belum memenuhi kriteria kurban.

“Secara otomatis nanti kita akan membantu para pengusaha sapi di Kabupaten Tabalong untuk bisa mendatangkan ternak dari luar sebagai stok hewan kurban di Kabupaten Tabalong. Nah, saat ini memang ada 9 orang pengusaha yang telah siap-siap untuk mendatangkan ternak di Kabupaten Tabalong,” ujar drh. Suwandi, Kabid Keswan & Kesmavet Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Mencari Ketenangan di Riam Batu Tinggi

Suwandi menambahkan meski terpaksa harus mendatangkan hewan ternak dari luar daerah, namun ia memastikan hewan tersebut aman dan sehat lantaran telah menjalani pemeriksaan kesehatan yang ketat.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment