Home Editor's Picks Ratusan Tenaga Pendidik di Tabalong Diberi Pemahaman Soal Sekolah Ramah Anak

Ratusan Tenaga Pendidik di Tabalong Diberi Pemahaman Soal Sekolah Ramah Anak

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi dan pelatihan Sekolah Ramah Anak dan Konvensi Hak Anak bagi para guru dan kepala sekolah, Senin 22 Mei 2023 tadi. Melalui kegiatan ini diharapkan para pengajar mampu memahami hak-hak anak selama di sekolah.

Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Tabalong, kegiatan sosialisasi dan pelatihan Sekolah Ramah Anak dan Konvensi Hak Anak tingkat Kabupaten Tabalong digelar di Auditorium Islamic Center Maburai.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 621 peserta yang terdiri dari para guru dan kepala sekolah mulai jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK. Terbagi dalam 5 gelombang atau 5 hari pelaksanaan, para peserta ini diberi sosialisasi tentang kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan Sekolah Ramah Anak yang disampaikan oleh Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong, Rusmadi, serta materi tentang Pedoman Sekolah Ramah Anak dan Konvensi Hak Anak yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel, Adi Santoso.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik soal penerapan Sekolah Ramah Anak dan Konvensi Hak Anak, sehingga seluruh anak yang ada di Tabalong dapat bersekolah dengan aman, nyaman, dan terlindungi.

“Mereka betul-betul memahami sehingga menjadikan sekolah itu sahabat bagi anak-anaknya, bersahabat bagi guru-gurunya juga. Artinya tidak ada batasan antara guru dan anak itu bersahabat. Sehingga tidak ada rasa takut dan sebagainya. Termasuk terhadap teman-temannya juga tidak ada intimidasi, dan lain sebagainya. Jangan sampai juga terjadi kekerasan. Baik itu berupa kekerasan fisik maupun kekerasan seksual dan lain sebagainya,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Usulkan Perbaikan Jalan Wayau-Mahe ke Pemprov Kalsel

Rusmadi juga berharap melalui sosialisasi dan pelatihan ini akan semakin meningkatkan peran serta dan komitmen seluruh satuan pendidikan dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Tabalong, sehingga mampu mendorong peningkatan status Tabalong sebagai Kota Layak Anak kategori utama di tahun 2023.

Diketahui, Sekolah Ramah Anak di Tabalong yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Tabalong sejak 2016 hingga 2023 berjumlah 686 sekolah atau telah mencapai 100 persen. Dengan rincian sebagai berikut:

TPA: 21 buah

PAUD/KB: 67 buah

TK: 222 buah

SD/MI: 255 buah

SMP/MTS: 86 buah

SMA/MA: 34 buah

SLB: 1 buah

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment