Home Tabalong Hari Ini Sejalan dengan Upaya Pencegahan Stunting, Program Ibu Hamil Sehat Diapresiasi

Sejalan dengan Upaya Pencegahan Stunting, Program Ibu Hamil Sehat Diapresiasi

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong mengapresiasi program Ibu Hamil Sehat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS Kabupaten Tabalong). Pasalnya, program yang menyasar ibu hamil dari keluarga pra sejahtera ini dinilai sejalan dengan upaya pemerintah daerah.

Apresiasi tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawarah, saat membuka secara resmi kegiatan program Ibu Hamil Sehat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tabalong, pada Selasa, 18 Juli 2023, di Wisma Tamu Pendopo Bersinar Pembataan.

Hamida mengungkapkan program Ibu Hamil Sehat yang digagas BAZNAS Tabalong sejalan dengan upaya pencegahan stunting yang saat ini tengah menjadi prioritas pemerintah daerah. Mengingat berdasarkan Survei Status Gizi atau SSGI, angka prevalensi stunting di Tabalong berada di angka 19,7 persen, dan berdasarkan Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat atau EPPGBM, angka prevalensi stunting berada di angka 7,2 persen.

Untuk itu, Hamidah juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tabalong agar bersama-sama mendukung program Ibu Hamil Sehat, sehingga ke depan angka prevalensi stunting di Tabalong semakin menurun.

“Pemerintah Kabupaten Tabalong juga mendukung penuh Program Ibu Hamil Sehat BAZNAS ini. Karena melalui program ini saya yakin dapat memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Tabalong. Khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, menjaga kesehatan dan asupan gizi yang baik, meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, mencegah terjadinya stunting serta menekan angka kematian ibu dan anak,” ujar Hamida Munawarah, Sekda Tabalong.

Baca Juga  Komisi 1 DPRD Tabalong Perjuangkan SLTA Baru Di Tanjung

Hamida berharap melalui program ini juga akan menjadikan ibu hamil lebih sehat dan bahagia sehingga melahirkan bibit-bibit unggul sebagai generasi penerus, yang mampu membawa Banua Sarabakawa ke arah yang lebih maju dan sejahtera.

Diketahui, sebanyak 30 orang ibu hamil dari keluarga pra sejahtera yang berdomisili di Kecamatan Tanjung, Tanta, dan Murung Pudak menjadi sasaran program Ibu Hamil Sehat.

Melalui program ini, setiap ibu hamil akan mendapatkan bantuan total 5 juta 500 ribu rupiah yang berasal dari pendayagunaan zakat, infak, dan sedekah yang dihimpun BAZNAS Tabalong. Bantuan tersebut ditujukan untuk membantu biaya melahirkan sebesar 1 juta rupiah, pemberian nutrisi 500 ribu rupiah per bulan yang diberikan selama 6 bulan, serta program pendampingan seperti konsultasi kesehatan gizi, senam hamil, dan lain sebagainya.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment