Home Editor's Picks Lomba Masak Serba Ikan & Festival Pangan Lokal B2SA

Lomba Masak Serba Ikan & Festival Pangan Lokal B2SA

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan,Perikanan,Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong menggelar Lomba Masak Serba Ikan dan Festival Pangan Lokal B2SA. Kegiatan ini diikuti oleh TP PKK Kecamatan seluruh Kabupaten Tabalong.

Lomba Masak Serba Ikan dan Festival Pangan Lokal yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) atau Gerakan Makan Enak, Makan Sehat, Makan B2SA, Suka Sayur dan Buah, tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2023, digelar DKPPTPH Tabalong dan TP PKK Tabalong di Hikun Agri Park pada Rabu, 15 Maret 2023.

Pada lomba ini, masing-masing peserta yang berasal dari perwakilan Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan se-Kabupaten Tabalong menyajikan berbagai hidangan sesuai dengan kategori perlombaan.

Untuk Lomba Masak Serba Ikan, memperlombakan 3 kategori menu masakan berbahan baku ikan, yaitu menu keluarga, menu balita, dan menu kudapan atau snack. Sedangkan Festival Pangan Lokal B2SA memperlombakan 2 kategori menu, yaitu menu makan siang balita dan kudapan atau snack balita.

Kepala DKPPTPH Tabalong yang sekaligus selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, tujuan diadakan lomba ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan para peserta lomba untuk memasak menu berbahan baku ikan dan menggunakan pangan lokal. Memperkenalkan inovasi menu masakan dan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas dan makanan B2SA.

Baca Juga  280 Pengelola Rumah Ibadah di Tabalong Terima Insentif

“Kami selaku pembina, pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura mengadakan lomba ini tentunya yang pertama adalah memberdayakan sumber daya alam khususnya pangan yang ada di lingkungan pedesaan, kemudian yang kedua bagaimana kita menciptakan inovasi yang kreatif menu makanan sehingga bisa dibuat berbagai macam jenis dan berbagai macam rasa sehingga menjadi kesenangan para konsumen,” ujar M. Mugeni, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Dalam perlombaan ini, dinilai oleh beberapa orang juri, seperti chef dari Hotel Aston Tanjung, ahli gizi dari Dinkes, ahli tataboga dari SMKN 1 Tanjung, Tim Penggerak PKK Tabalong, dan dari DKPPTPH Tabalong. Bagi para pemenang akan mendapatkan trophy, hadiah, serta piagam penghargaan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment