Home Tabalong Hari Ini Inovasi Bengkel Sahabat Terbukti Beri Dampak pada Serapan Tenaga Kerja

Inovasi Bengkel Sahabat Terbukti Beri Dampak pada Serapan Tenaga Kerja

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong meluncurkan inovasi Bengkel Sahabat, atau Bina Tenaga Kerja dan Pelatihan Wirausaha Baru Tabalong. Inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan wirausaha baru di Kabupaten Tabalong.

Peluncuran inovasi Bengkel Sahabat, atau Bina Tenaga Kerja dan Pelatihan Wirausaha Baru Tabalong, dilakukan dalam rangka Forum Ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong Tahap Dua Tahun 2023 pada Selasa, 8 Agustus 2023, di Wisma Tamu Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Penekanan tombol oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, Dandim 1008 Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong, Herwandi, dan sejumlah perwakilan perusahaan menandai diluncurkannya Bengkel Sahabat.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, berharap inovasi ini mampu mendorong perluasan kesempatan kerja, peningkatan partisipasi angkatan kerja, dan penyerapan tenaga kerja dalam upaya mengatasi pengangguran, menurunkan persentase penduduk miskin, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tabalong.

“Nah, dampaknya sudah kita rasakan ya. Tahun 2021 jumlah pencari kerja yang berhasil ditempatkan dan terserap 828 orang, tetapi dengan inovasi ini pada tahun 2022 pencari kerja yang terserap meningkat menjadi 1091 orang.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong Herwandi, yang diwawancarai usai forum, mengatakan bahwa inovasi ini untuk menjembatani beberapa kegiatan SKPD lain di Kabupaten Tabalong. Dinas Tenaga Kerja Tabalong berperan sebagai pengumpul dari SKPD mitra tenaga kerjanya.

Baca Juga  Bupati Anang Minta SKPD Terapkan 1 Kegiatan 1 Inovasi

“Jadi yang dari dinas sosial, kemudian ada dari pertanian, dan lain sebagainya. Jadi sehingga teman-teman yang berada di dinas-dinas lain juga sama, disnaker fungsinya hanya pengumpul.” ujar Herwandi, Kepala Disnaker Tabalong.

Selain meningkatkan serapan tenaga kerja, inovasi Bengkel Sahabat juga berhasil menciptakan wirausaha baru, yaitu mencapai 21.816 usaha dari target 10.000 usaha pada tahun 2022.

Kemudian, dalam hal pelatihan calon tenaga kerja BLK juga mengalami peningkatan dari 280 orang tahun 2021 menjadi 368 orang tahun 2022.

Serta meningkatkan penerbitan Kartu Pencari Kerja dari 2.911 kartu tahun 2021 menjadi 3.710 kartu tahun 2022.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment