Home Tabalong Hari IniPemerintahan Desa Ampukung Masuk Kategori Kualitas Keluarga Responsif Gender & Hak Anak

Desa Ampukung Masuk Kategori Kualitas Keluarga Responsif Gender & Hak Anak

by tabalong hari ini
0 comment

Berdasarkan hasil perhitungan pengisian Indeks Kualitas Keluarga Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, yang dilakukan oleh Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalsel, indeks kualitas keluarga Desa Ampukung berada pada angka 78,78.

Hal tersebut disampaikan oleh perwakilan dari Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Provinsi Kalimantan Selatan saat rapat koordinasi secara virtual dengan Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Kabupaten Tabalong pada Kamis, 22 Juni 2023.

Diketahui bahwa pengukuran kualitas keluarga didasarkan pada Indeks Kualitas Keluarga (IKK) yang ditujukan melalui pencapaian 5 dimensi dan 29 indikator.

Seperti dimensi kualitas legalitas dan struktur dengan 3 indikator, dimensi kualitas ketahanan fisik dengan 6 indikator, dimensi kualitas ketahanan ekonomi dengan 8 indikator, dimensi kualitas ketahanan sosial psikologi dengan 6 indikator, dan dimensi kualitas ketahanan sosial budaya dengan 6 indikator.

Melalui penilaian pada dimensi dan indikator tersebut, IKK Desa Ampukung berada pada angka 78,78 dan termasuk dalam kategori kualitas keluarga yang responsif gender dan hak anak.

Meskipun demikian, TPK2D menilai masih ada sejumlah permasalahan yang cukup tinggi dan menjadi perhatian. Untuk itu, Kepala DP3AP2KB Tabalong selaku koordinator tim mengatakan bahwa pihaknya terus akan melakukan perbaikan. Pasalnya, pada Oktober mendatang akan dilakukan penilaian lapangan oleh TPK2D Provinsi Kalsel.

“Provinsi tadi juga terakhir disampaikan bahwa untuk penilaian lapangan itu akan nanti dilaksanakan terakhir pada bulan Oktober yang akan datang. Sehingga dalam kurun waktu beberapa bulan ini, kita rapat dengan tim yang ada di Kabupaten Tabalong merapatkan terhadap poin-poin yang masih merah. Nah, itu semua kita benahi nantinya ke lapangan jangan sampai ada lagi yang merah. Insya Allah, itu bisa teratasi dengan baik dengan adanya kerjasama dari seluruh tim PK2D yang ada di Kabupaten Tabalong,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Adaro Gandeng Perdami Lakukan Pemeriksaan Mata di SDN 2 Pembataan

Rusmadi menambahkan bahwa berdasarkan 5 dimensi pembentuk IKK di Desa Ampukung, terdapat 2 dimensi yang masuk dalam kategori kualitas keluarga yang responsif gender dan hak anak, yaitu dimensi kualitas legalitas struktur dan kualitas ketahanan fisik.

Sedangkan 3 dimensi lainnya, yaitu dimensi kualitas ketahanan ekonomi, kualitas ketahanan sosial psikologi, dan kualitas ketahanan sosial budaya, berada dalam kategori cukup responsif gender dan hak anak.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment