Home Tabalong Hari Ini Informasi Data Gender dan Anak Makin Mudah Diakses Melalui “Si Penindak”

Informasi Data Gender dan Anak Makin Mudah Diakses Melalui “Si Penindak”

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong menggelar bimbingan teknis aplikasi “Si Penindak” atau Sistem Informasi Pengolahan Penyajian Data Gender dan Anak di Gedung Informasi Tanjung pada Selasa, 19 September 2023.

Bimbingan teknis Sistem Informasi Pengolahan Penyajian Data Gender dan Anak yang digelar oleh DP3AP2KB Kabupaten Tabalong ini diikuti oleh para koordinator data gender dan anak pada SKPD dan instansi vertikal yang tergabung dalam Forum Penyelenggaraan Data Gender dan Anak.

Dengan menggandeng narasumber dari Dinas Kominfo Tabalong, para peserta diberikan pembelajaran dan pendampingan untuk pengisian data terpilah pada aplikasi “Si Penindak.”

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, saat diwawancarai usai membuka kegiatan bimtek, mengatakan bahwa aplikasi “Si Penindak” merupakan inovasi dari DP3AP2KB Tabalong yang bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan data gender dan anak di Tabalong.

Dengan adanya aplikasi ini, para stakeholder dapat lebih mudah mengakses data dan informasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Tabalong.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, para koordinator data gender dan anak pada masing-masing SKPD dan instansi vertikal sudah mahir dalam pengisian data, artinya sudah terbiasa dalam mengisi data. Selanjutnya, kami mengharapkan tentu saja sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data di daerah melalui penyediaan fasilitas pengolahan dan penyajian data dalam bentuk aplikasi kompilasi data sistem informasi gender dan anak,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Nikmati Sensasi Susur Goa dan Bermain Air di Goa Liang Tapah

Rusmadi menambahkan bahwa aplikasi “Si Penindak” sudah dijalankan oleh DP3AP2KB Tabalong sejak tahun 2022 lalu, dan di tahun ini, aplikasi “Si Penindak” telah ditambahkan fitur baru untuk mempermudah pencarian data, tanpa harus login  yakni data terpilah sudah bisa diakses pada halaman depan aplikasi “Si Penindak”.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Top of Form

Related Articles

Leave a Comment