Home Tabalong Hari Ini Teliti Soal Dampak IKN, Dosen IPDN Kunjungi Tabalong

Teliti Soal Dampak IKN, Dosen IPDN Kunjungi Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melaksanakan penelitian ke wilayah Kabupaten Tabalong. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perubahan sosial pasca penetapan Ibu Kota Nusantara di Pulau Kalimantan.

Rombongan dosen peneliti dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN, yang diketuai oleh Profesor Doktor Ilham, yang juga sekaligus sebagai Direktur Pascasarjana IPDN, melakukan kunjungan ke Tabalong.

Kunjungan ini disambut oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, beserta jajarannya pada Selasa, 8 Agustus 2023, di Wisma Tamu Bersinar, Pembataan.

Adapun penelitian yang dilakukan para dosen peneliti ke wilayah Kabupaten Tabalong adalah mengenai perubahan sosial atau konflik sosial yang terjadi apabila pemindahan IKN di Provinsi Kalimantan Timur benar-benar terwujud, dan bagaimana Kabupaten Tabalong menghadapinya.

Untuk itu, Profesor Doktor Ilham berharap pada kesempatan ini, pihaknya bisa mendapatkan sejumlah informasi atau gambaran dari pemerintah daerah mengenai penelitian tersebut.

“Tentu kami berharap banyak bahwa pak bupati bisa memberikan masukan, bapak-bapak dan ibu-ibu dari OPD juga bisa memberikan kami masukan gambaran sehingga bisa komprehensif nantinya dalam kami menulis tentang bagaimana dampak dari konflik yang akan terjadi apabila IKN benar-benar terwujud.” ujar Ilham, Direktur Pascasarjana IPDN

Sementara itu, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, menyambut baik kedatangan para dosen peneliti dari IPDN, dan mendukung kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Kelompok Prima Padang Panjang Dilatih Membuat Kue

Pasalnya, dengan adanya penelitian dosen IPDN ke Kabupaten Tabalong, diharapkan sebagai ajang promosi agar Kabupaten Tabalong semakin dikenal masyarakat luas.

“Kami disamping rasa terhormat dijadikan sebagai tempat penelitian, tetapi juga saya selalu memandang ini sebagai peluang yang menguntungkan. Otomatis melalui penelitian ini, Tabalong dipromosikan. Makin banyak orang tahu Tabalong, makin untung kita. Jadi terima kasih Prof. Ilham, terima kasih kepada IPDN, dan kami berharap kalau ada penelitian-penelitian lain, kami siap sebagai tempat penelitian.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Sekedar diketahui, Profesor Dokter Ilham bersama 4 orang dosen IPDN lainnya melakukan penelitian di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan selama 6 hari, terhitung dari Senin 7 Agustus, sampai Sabtu 12 Agustus 2023.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment