Home Editor's Picks
Penanganan COVID-19, Tabalong Terbaik Pertama Se-Kalimantan


Penanganan COVID-19, Tabalong Terbaik Pertama Se-Kalimantan

by tabalong hari ini
0 comment

Kabupaten Tabalong berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten berkinerja terbaik se-regional Kalimantan dalam penanganan COVID-19. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kepada Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

Penghargaan tersebut diserahkan Kementerian Kesehatan RI melalui Presiden Joko Widodo kepada Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Jakarta, Senin 20 Maret 2023.

Penghargaan Kabupaten Berkinerja Terbaik Pertama Region Kalimantan dalam penanganan COVID-19 tersebut diberikan oleh Pemerintah Pusat lantaran Tabalong dinilai telah berperan aktif dalam penanggulangan dan penanganan COVID-19.

Berkat capaian tersebut, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani merasa bersyukur atas apresiasi yang diberikan pemerintah pusat. Menurutnya, keberhasilan penanggulangan dan penanganan pandemi COVID-19 di Tabalong tidak lepas dari peran seluruh pihak.

“Menurut saya, ini sebuah kegiatan yang sangat positif karena daerah-daerah yang tadinya bekerja keras untuk penanggulangan pandemi ini ternyata masih diingat oleh pemerintah pusat. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih. Kebetulan Kabupaten Tabalong berhasil terpilih sebagai Kabupaten Terbaik Pertama di wilayah Kalimantan dalam penanganan pandemi COVID-19,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Diketahui, keberhasilan tersebut tidak lepas dari berbagai langkah dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong, seperti melakukan tracking atau melacak jalur interaksi pasien yang terpapar COVID-19 untuk memutus rantai penularan di masyarakat.

Baca Juga  Syukuran Perpindahan Kantor Disdukcapil Ke Mpp

Selain itu, ada pula inovasi yang ditujukan untuk penanganan COVID-19, antara lain menjadikan eks bangunan RSUD H Badaruddin Tanjung menjadi COVID Center sebagai unit isolasi COVID-19 terpusat, dan COVID Center Tabalong menjadi COVID Center pertama di Kalsel yang resmi pada tahun 2020 lalu.

Pemkab Tabalong juga mengembangkan Tanjung Bersinar, yaitu Tanya/Jaga/Dukung bersama penyintas corona yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penyintas dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

Inovasi Topan Delta, atau pelayanan kesehatan online bagi isoman varian Delta, bertujuan untuk menjaga pasien gejala sedang hingga berat untuk mendapat perawatan maksimal meskipun isolasi mandiri di rumah.

Aplikasi Waker atau aplikasi wajib masker yang digunakan untuk memastikan masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah. Aplikasi ini terintegrasi dengan NIK sehingga kepemilikan masker setiap masyarakat akan terdata.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Tabalong dalam rangka menekan angka penyebaran virus COVID-19 adalah melalui program Gerakan Sejuta Masker. Program ini didukung penuh oleh seluruh elemen di Tabalong. Terbukti banyaknya bantuan masker yang didapat Pemerintah dari berbagai instansi. Masker yang dikumpulkan ini pun didistribusikan keseluruh wilayah Kabupaten Tabalong.

Setelah penerapan protokol kesehatan berhasil dilakukan, Pemerintah Tabalong didukung TNI-Polri juga melaksanakan kegiatan percepatan vaksinasi yang ditujukan kepada seluruh masyarakat.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment