Home Tabalong Hari Ini Tips Cegah ISPA di Musim Kemarau

Tips Cegah ISPA di Musim Kemarau

by Muhammad Rais
0 comment

Saat musim kemarau, penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut rentan menyerang masyarakat. Bahkan, dalam 3 bulan terakhir, kasus ISPA mengalami peningkatan, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Mabuun. Lantas, bagaimana cara mencegah ISPA? Berikut informasinya untuk Anda.

Meningkatnya polusi udara akibat kemarau di Tabalong beberapa waktu terakhir ini turut meningkatkan risiko gangguan kesehatan, salah satunya adalah ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut.

ISPA adalah kondisi yang harus diwaspadai karena dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Dalam kurun waktu Juli hingga akhir September 2023, kasus ISPA di Puskesmas Mabuun mencapai 200 kasus.

Meski demikian, Dokter Puskesmas Mabuun, Titis Indriyati, menjelaskan bahwa terdapat beberapa cara untuk mencegah penyakit ISPA yang dapat dilakukan masyarakat.

Diantaranya adalah menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terpapar penyakit yang sering terjadi di musim kemarau.

Selain itu, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, terlebih bagi orang yang sedang sakit, dapat membantu mencegah penularan penyakit kepada orang lain.

“Meski sekarang kondisinya tidak pandemi seperti COVID-19, tetapi jika keluar rumah, disarankan menggunakan masker, terutama jika sedang sakit. Kemudian, minum vitamin, banyak minum air putih, yang penting daya tahan tubuhnya bagus, insyaallah tubuh akan kuat,” ujar dr. Titis Indriyati, Dokter Puskesmas Mabuun.

Baca Juga  Potensi Pertanian Tabalong Terbuka Untuk Investor

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa apabila merasakan gejala penyakit pernafasan, seperti batuk dan sakit tenggorokan, maka ia meminta masyarakat untuk segera memeriksa dirinya ke layanan kesehatan terdekat, sehingga dapat ditangani secepat mungkin.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment