Home Tabalong Hari Ini Tahun 2024, Disbunnak Akan Siapkan Bantuan 500 Ekor Sapi

Tahun 2024, Disbunnak Akan Siapkan Bantuan 500 Ekor Sapi

by Muhammad Rais
0 comment

Guna memastikan ketersediaan sapi di Tabalong, Dinas Perkebunan dan Peternakan Disbunnak Tabalong berencana mengadakan ratusan indukan sapi di tahun 2024. Indukan sapi rencananya akan dikembangkan di wilayah utara Tabalong.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Disbunnak Tabalong, Saleh, saat dijumpai usai rapat bersama DPRD Tabalong beberapa waktu lalu.

Saleh menjelaskan bahwa pada tahun 2024, Disbunnak Tabalong berencana menganggarkan sebanyak 500 indukan sapi yang terdiri dari 400 ekor sapi betina dan 100 ekor sapi jantan. Pengadaan sapi ini dilakukan guna menyiapkan Tabalong sebagai penyanga pangan ibu kota nusantara.

Lebih lanjut, Saleh menjelaskan bahwa pengembangan indukan sapi ini rencananya akan difokuskan di wilayah utara Tabalong.

“Masih kita fokuskan daerah utara, daerah atas itu untuk pengembangan sapinya khususnya nanti menyambut IKN ya terus juga yang kita utamakan pembangunan relokasi RPH (rumah potong hewan) terpadu.” ujar Saleh, Kepala Disbunnak Tabalong.

Saleh juga menambahkan bahwa khusus relokasi Rumah Potong Hewan Terpadu, pihaknya telah menyiapkan lokasi di tahun 2023 dan pembangunan fisik rencananya akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Melalui RPH Terpadu ini nantinya, Disbunnak Tabalong berupaya memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam menyediakan daging yang aman, sehat, utuh, dan halal.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment