Home Tabalong Hari Ini Sambut IKN, Kampung Budaya Dayak Deah Terus Dikembangkan

Sambut IKN, Kampung Budaya Dayak Deah Terus Dikembangkan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong berharap seni budaya Dayak Deah dapat berkembang ke depannya guna menyiapkan Kecamatan Upau sebagai Kampung Budaya dan salah satu destinasi wisata yang berdekatan dengan IKN. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Pemkab Tabalong akan mendukungnya dengan infrastruktur yang lebih memadai.

Harapan tersebut diutarakan oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Kaong, Kecamatan Upau, pada Senin, 11 September 2023. Kunjungan kerja ini dilakukan bersama Wakil Bupati Tabalong, Ketua DPRD Tabalong, Kapolres Tabalong, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, perwakilan Kodim 1008 Tabalong, Kejaksaan Negeri Tabalong, serta jajaran SKPD Pemkab Tabalong.

Bupati Anang mengatakan bahwa Desa Kaong, Pangelak, hingga Kinarum telah dicanangkan sebagai Kampung Budaya Kabupaten Tabalong sejak 4 tahun lalu. Oleh karena itu, ia berharap seni budaya Dayak Deah di kampung ini lebih maju dan berkembang, sehingga penobatan Kampung Budaya dapat dilanjutkan dengan bukti nyata, bukan hanya sekadar nama.

Lalu untuk mendukung keberadaan Kampung Budaya, Bupati Anang secara khusus meminta Dinas PUPR Tabalong memuluskan infrastruktur jalan. Pasalnya, wilayah ini kaya akan daerah wisata dan budaya yang luar biasa.

“Karena Dayak Deah ini kadada di tempat lain, hanya di wadah kita. Nah, oleh sebab itu, ketua lembaga agar terus merumuskan dengan tokoh-tokoh Dayak di sini, dengan anak-anak muda kita, bagaimana agar seni budaya Dayak Deah ini bisa terus berkembang,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Pemilihan Utuh Diyang Tanjung Masuki Tahap Wawancara

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Tabalong, Mawardi, dalam sambutannya. Ia meminta agar seni budaya Dayak Deah dikemas dengan lebih baik untuk menyambut kehadiran IKN. Mawardi menilai bahwa Kampung Budaya Dayak Deah akan menjadi salah satu tujuan destinasi liburan warga IKN.

“Jadi, kemas saja seni dan budaya kita di sini, mudah-mudahan itu bagus nanti ditampilkan saat orang datang berwisata ke sini. UKM-nya juga ditingkatkan, jika ada yang berolah keripik, keripiknya dikemas dengan baik, rasanya juga nyaman, begitu lah,” kata Mawardi, Wakil Bupati Tabalong.

Pada kesempatan ini, Bupati Anang dan Wakil Bupati Mawardi juga menyampaikan salam perpisahan kepada warga Upau menjelang berakhirnya masa jabatan kepemimpinan mereka.

Kegiatan kunjungan kerja ditutup dengan penyerahan bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, asistensi lanjut usia, asistensi orang dengan kecacatan berat, program Keluarga Harapan, program sembako BPNT, bantuan penanganan stunting, serta peluncuran bantuan pangan cadangan beras pemerintah dari Bulog.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment