Home Editor's Picks Ketersediaan Beras Hasil Pertanian Lokal Tabalong Akan Bertambah

Ketersediaan Beras Hasil Pertanian Lokal Tabalong Akan Bertambah

by tabalong hari ini
0 comment

Ketersediaan beras lokal hasil pertanian di Tabalong dipastikan akan bertambah, pasalnya sejumlah lahan pertanian padi di Tabalong telah memasuki musim panen. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong Mohamad Mugeni, saat ditemui usai rapat kerja bersama Komisi 2 DPRD Tabalong, pada 27 Februari lalu.

Mugeni mengatakan, berdasarkan data DKPPTPH Tabalong pada bulan Februari 2023, petani Tabalong sudah melakukan panen padi dengan total luas lahan 591 hektar, dan 2.000 hektar lahan diperkirakan akan panen pada bulan Maret mendatang.

Dimana padi lokal yang dipanen tersebut merupakan varietas unggul anjuran pemerintah seperti ciherang dan mekongga yang ditanam petani pada masa tanam 2022 lalu.

“Karena Kabupaten Tabalong masa tanam 2022 kemarin itu dianggap berhasil karena masyarakat petani kita sudah menanam padi nya dengan varietas unggul kaya ciherang, kemudian mekongga, yang merupakan anjuran dari pemerintah, nah itu yang menjadi hal yang menggembirakan bagi ketersediaan stok pangan beras di Kabupaten Tabalong,” kata Mugeni.

Mugeni menambahkan, berdasarkan data DKPPTPH juga pada satu minggu terakhir, stok cadangan pangan beras disisi petani di Tabalong mencapai 50 ton, dan stok beras di gudang cadangan pangan milik pemerintah sebanyak 215 ton.

Baca Juga  Bupati Anang Paparkan 3 Langkah Turunkan Kemiskinan Ekstrem

Apabila stok beras lokal di pasaran mengalami kelangkaan dan kenaikan harga yang tinggi, maka stok beras tersebut akan diedarkan ke pasar-pasar di Tabalong.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment