Home Tabalong Hari IniPemerintahan DISPERSIP Tabalong Upayakan Peningkatan IPLM Melalui Berbagai Program

DISPERSIP Tabalong Upayakan Peningkatan IPLM Melalui Berbagai Program

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong terus mengupayakan peningkatan nilai literasi Tabalong melalui beberapa program dan layanan yang dilakukan.

Dijelaskan Kepala DISPERSIP Tabalong, Norhayati, saat ditemui Jumat, 23 Juni 2023, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan nilai literasi tersebut adalah melalui program kegiatan pada pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca, serta melalui layanan perpustakaan dan pengembangan koleksi.

Beberapa upaya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi perpustakaan, publikasi, peningkatan sarana layanan dan koleksi bahan bacaan, gerakan literasi Tabalong, gerakan literasi sekolah, wisata edukasi, kegiatan inklusi sosial, hingga kegiatan perpustakaan keliling.

Melalui beberapa kegiatan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong berupaya meningkatkan target Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) serta minat baca di tahun 2023 ini. Sebelumnya, IPLM tahun 2022 berada di angka 86,34, dan kegemaran membaca tahun 2022 sebesar 71,11.

“Target IPLM tahun 2022 itu sebenarnya kami targetkan hanya 53 dan 2023 hanya 54, alhamdulillah tahun 2022 melampaui target yang diharapkan, dan semoga tahun depan kita berharap bisa mencapai 87,34. Sedangkan tingkat kegemaran membaca Kabupaten Tabalong tahun 2022 sebesar 71,11 termasuk kategori tinggi, sehingga target tahun depan kita akan usahakan dinaikkan satu digit yaitu 72,11,” ujar Norhayati, Kepala DISPERSIP Tabalong.

Norhayati menambahkan bahwa secara digital, perpustakaan Tabalong juga bakal terus mengembangkan perpustakaan digital dengan menambah koleksi bahan bacaan digital setiap tahunnya.

Baca Juga  BAPERA Tabalong Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment