Home Editor's Picks Hindarkan Virus ND & Flu Burung, Disbunnak Siapkan Vaksinasi Unggas

Hindarkan Virus ND & Flu Burung, Disbunnak Siapkan Vaksinasi Unggas

by tabalong hari ini
0 comment

Selain membentuk tenaga vaksinator lokal untuk hewan peliharaan anjing, Disbunnak Tabalong pada Tahun 2023, juga akan membentuk tenaga vaksinator lokal untuk hewan unggas. Hal in dilakukan sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir kematian unggas akibat Virus ND dan juga Flu Burung.

Vaksinator lokal untuk ternak unggas akan difokuskan ke sejumlah wilayah di Tabalong yang memiliki banyak hewan unggas ayam dan juga itik. Seperti di kecamatan Kecamatan Banua Lawas, Kelua, Pugaan, Tanjung, dan Muara Uya. 

Yang mana di setiap desa di wilayah tersebut nantinya juga akan dibentuk 1 orang vaksinator lokal untuk memvaksin unggas ayam dan itik agar terhindar Virus ND dan Flu Burung.

Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong pun telah menyediakan 30 ribu dosis vaksin untuk menangkal virus tersebut.

Saat ditemui Selasa 17 Januari 2023 Kepala Bidang Perlindungan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi mengharapkan dengan hadirnya vaksinator lokal, program vaksinasi kepada hewan ternak unggas dapat berjalan dengan cepat, sehingga mampu melindungi hewan ternak dan berimbas pada meningkatnya pendapatan peternak.

“Kita membuat kader vaksinator untuk unggas ini itu adalah untuk melindungi usaha peternakan rakyat ini, sehingga kematian unggas ini bisa kita minimalisir. Kalau kita berhasil meminimalisir, kematian ternak, secara otomatis nanti keuntungan dari para peternak itu akan meningkat” katanya.

Baca Juga  Sambut Jamaah Haul Guru Sekumpul Asal Kaltim & Kaltara, Warga Jaro Dirikan Rest Area

Selain itu, Suwandi juga menambahkan program ini juga sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging ayam dan itik di Kabupaten Tabalong.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment