Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Ratusan Jamaah Haji Tabalong Diberangkatkan Menuju Asrama Haji Banjarmasin

Ratusan Jamaah Haji Tabalong Diberangkatkan Menuju Asrama Haji Banjarmasin

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan jamaah haji Kabupaten Tabalong resmi dilepas pada 29 Mei 2023 di aula Gedung Sarabakawa Tanjung. Para jamaah haji Tabalong ini nantinya akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

442 jamaah haji asal Kabupaten Tabalong resmi dilepas untuk melaksanakan ibadah haji 1444 Hijriah.

Jamaah haji Tabalong yang dipastikan berangkat tahun ini terbagi dalam 2 kluster, yaitu kluster 2 Embarkasi Banjarmasin sebanyak 321 jamaah haji dan 7 orang pendamping haji, dan kluster 13 yang berjumlah 114 jamaah.

Jamaah kluster dua berangkat dari Tabalong menuju Asrama Haji Banjarbaru pada 29 Mei 2023 pukul 14.00 siang. Kemudian, berangkat dari Embarkasi Banjarmasin menuju Madinah pada Selasa, 30 Mei 2023 pukul 22.10 WITA, dan akan tiba di Bandara Madinah pada Rabu, 31 Mei 2023 sekitar pukul 5.30 waktu setempat.

Dalam rombongan kluster kedua ini terdapat jamaah tertua yang berusia 82 tahun asal Kecamatan Banua Lawas, dan terdapat pula jamaah termuda asal Kecamatan Murung Pudak yang berusia 19 tahun.

“Jumlah jamaah haji Kabupaten Tabalong yang menunaikan ibadah haji tahun 2023, termasuk para petugas, berjumlah 442 orang. Walaupun ketika pembukaan manasik, Bapak Bupati telah membuka dan kami melaporkan 415 orang, seiring dengan berjalannya waktu, ada tambahan dari jamaah kita sementara kabupaten lain mereka tidak melunasi, sehingga kita ada tambahan beberapa orang sehingga berjumlah 442 orang,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kantor Kemenag Tabalong.

Baca Juga  Pasar Murah TPID Tabalong Diserbu Ratusan Masyarakat

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengapresiasi banyaknya jamaah haji yang berangkat pada tahun ini. Di mana pada tahun ini kuota haji Tabalong terbanyak kedua se-Kalimantan Selatan setelah Kota Banjarmasin.

“Ini tidak bisa dipungkiri, ini sebagai bukti bahwa kesejahteraan masyarakat orang Tabalong itu meningkat, karenanya ini patut kita syukuri, dan ulun sangat bangga sekaligus bersyukur, karena hari ini siap untuk diberangkatkan,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Diperkirakan jamaah haji yang diangkut menggunakan 8 unit bus utama dan 1 unit bus cadangan ini akan tiba di Asrama Haji Banjarbaru pukul 20.00 malam, dan keesokan harinya pada pukul 07.00 pagi, para jamaah akan mengikuti kegiatan penerimaan oleh Kanwil Kemenag Kalsel.

Sementara itu, untuk jamaah haji yang masuk dalam kluster 13 Embarkasi Banjarmasin, dijadwalkan masuk ke Asrama Haji pada 14 Juni 2023, dan akan diberangkatkan ke Madinah pada keesokan harinya.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment