Home Tabalong Hari Ini Berkat Inovasi, Puskesmas Mabuun Raih Peringkat Pertama Sekalsel

Berkat Inovasi, Puskesmas Mabuun Raih Peringkat Pertama Sekalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Puskesmas Mabuun sukses meraih peringkat pertama pada penilaian kinerja Puskesmas tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023. Keberhasilan ini pun tidak lepas dari berbagai inovasi yang dihasilkan.

Puskesmas Mabuun yang mewakili Kabupaten Tabalong pada penilaian kinerja Puskesmas tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 berhasil meraih peringkat pertama. Hasil ini diumumkan pada tanggal 24 Juli 2023 yang lalu.

Sebelumnya, Puskesmas Mabuun telah dilakukan verifikasi lapangan oleh tim penilaian yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan pada 13 Juni 2023 yang lalu.

Kepala Puskesmas Mabuun dokter Tenry Ariny, menjelaskan indikator yang menjadi penilaian kinerja Puskesmas adalah kepala Puskesmas yang telah mendapatkan pelatihan manajemen, Puskesmas yang sudah terakreditasi, memiliki perencanaan yang sudah terstruktur, kegiatan yang dilakukan Puskesmas, Puskesmas yang sudah menunjukkan mutu kinerja maupun mutu pelayanan, serta inovasi pada Puskesmas.

Lebih lanjut, Tenry menjelaskan inovasi “Ayo Bergerak Kurangi Stunting” atau obor kuning yang ada di Puskesmas Mabuun menjadi nilai lebih pada penilaian kinerja Puskesmas tahun ini.

“Nilai plus dari Puskesmas Mabuun kemarin itu, karena kami itu punya satu inovasi besar namanya obor kuning, ayo bergerak kurangi stunting. Nah, di inovasi obor kuning ini ada empat inovasi yang bergabung di dalam inovasi besar ini, jadi yang pertama itu inovasi dari laboratorium lapak bumil, ada inovasi dari gigi yaitu bumita pergi sc, lalu inovasi dari kia jantung hati bestie, dan dari program gizi yaitu kelas bubur ikan.” ujar dr. Tenry Ariny, Kepala Puskesmas Mabuun.

Baca Juga  Silaturahmi Majelis Ta'lim Al-Mahdi Jaya Sempurna Tenggarong

Dokter Tenry Ariny menambahkan, meski masih belum ada informasi terkait penilaian kinerja Puskesmas di tingkat nasional, namun ia memastikan pihaknya siap untuk mewakili Kalimantan Selatan di tingkat lebih tinggi.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

 

 

Related Articles

Leave a Comment