Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Menggiurkan, Petani Kambitin Raup Untung 14 Juta dari Melon

Menggiurkan, Petani Kambitin Raup Untung 14 Juta dari Melon

by Muhammad Rais
0 comment

Bisnis pertanian merupakan salah satu usaha yang menggiurkan, seperti halnya bisnis budidaya buah melon yang ditekuni petani melon asal Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung. Sekali panen, petani melon mampu meraih untung hingga belasan juta rupiah.

Kebun buah melon milik Gatot Suwarno, atau yang lebih akrab dipanggil Pak David, yang berlokasi di Sei Ruku, Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung.

Di lahan seluas 2500 meter persegi ini, sebanyak dua ribu batang pohon melon ditanam. Dari dua ribu batang pohon melon tersebut, mampu menghasilkan hingga 4 ton buah melon segar.

Dikatakan pria yang membudidayakan buah melon sejak tahun 2019 ini, dalam sekali panen ia mampu meraih omzet hingga 24 juta rupiah.

“Kalau dari hasil ini saya hitung minim aja tak terlalu tinggi ya kita kalikan 2 jadi perpohon kita kalikan hasil 2 kilo aja berarti kalau 2 ribu kan sudah 4 ton nah 4 ton kita kalikan 6 ribu harga sekarang 8 ribu karena ada grade A dan grade B jadi kita bikin rata 6 ribu, 6 ribu kali 4 berarti 24 juta kita ambil modal 10 juta berarti masih ada sisa 14 juta,” ujar Gatot Suwarno, petani buah melon.

David menambahkan, untuk menanam ribuan melon ini, ia mengeluarkan modal awal sebanyak 10 juta rupiah yang digunakan untuk biaya garap, beli musa, benih, turus, pupuk, obat, dan beberapa keperluan lainnya.

Baca Juga  YABN Bekali Santri Ponpes Al-Islam Kambitin Membuat Meubel Berbahan Bambu

Guna menjaga kualitas, dirinya hanya melakukan sekali panen dan akan dilanjutkan dengan penanaman melon berikutnya.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment