Home Tabalong Hari IniKesehatan Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemirsa, tahukah Anda bahwa ternyata donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Seperti dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tabalong, Dokter Muhammad Khadafi, saat mengisi program “Ruang Sehat” TV Tabalong beberapa waktu lalu.

Dokter Khadafi mengatakan bahwa donor darah merupakan salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat, tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada orang yang membutuhkan transfusi darah.

Selain itu, melalui donor darah juga dapat mendeteksi penyakit serius. Pasalnya, sebelum donor darah dilakukan, pendonor wajib memeriksa kandungan darahnya untuk mendeteksi penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis, hingga malaria.

Donor darah juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu, donor darah juga mampu menurunkan risiko kanker. Karena pemicu utama sel kanker adalah paparan radikal bebas dalam tubuh, yang mana zat tersebut biasanya menumpuk di dalam peredaran darah.

Dengan donor darah juga membantu menurunkan berat badan. Dikarenakan setiap 450 mililiter darah yang didonorkan dapat membakar 650 kalori dalam tubuh.

“Dari segi kesehatan, donor darah insyaallah akan membuat tubuh kita semakin sehat karena sel-sel darah itu juga sekitar 2 bulan atau 3 bulan dia akan beregenerasi,” kata dr. M. Khadafi, Kepala UDD PMI Tabalong.

Baca Juga  Ratusan Gram Sabu Kembali Dimusnahkan Polres Tabalong

Dokter Khadafi menambahkan bahwa donor darah disarankan dilakukan secara rutin, yang mana bagi laki-laki 2 bulan sekali dan perempuan 3 bulan sekali.

Adapun syarat dan ketentuan khusus bagi pendonor adalah seperti usia minimal 17 tahun sampai maksimal 60 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, sehat jasmani dan rohani, tidak mengkonsumsi obat, tidak menderita penyakit menular, tidak bagi wanita hamil, menyusui, dan menstruasi, serta pendonor harus memperbanyak minum air putih dan makan 2 jam sebelum donor darah.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment