Home Tabalong Hari Ini Air Mancur Menari Hadir di Taman Giat, Disperkim: Cukup Nikmati Pertunjukkannya Saja

Air Mancur Menari Hadir di Taman Giat, Disperkim: Cukup Nikmati Pertunjukkannya Saja

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Tabalong mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat bermain di Air Mancur Menari Taman Giat Kota Tanjung. Pasalnya, meski sudah dilakukan mitigasi bahaya, namun upaya pencegahan tetap harus dilakukan masyarakat.

Adanya Air Mancur Menari di tengah-tengah Taman Giat Kota Tanjung menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin berkunjung. Namun, saat ini keberadaan Air Mancur tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama anak-anak, untuk bermain air.

Berkaitan dengan banyaknya masyarakat yang bermain di area Air Mancur tersebut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Erfin Nirza Siregar, mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dengan potensi bahaya di sekitar Air Mancur.

Pihak Disperkim Tabalong sudah sedapat mungkin meminimalisir dan memitigasi bahaya di sekitar Air Mancur dengan melakukan grounding bahaya sengatan listrik. Apabila terjadi short atau arus pendek, maka Air Mancur tersebut akan langsung mati. Meski begitu, Erfin tetap mengimbau masyarakat agar menikmati saja pertunjukkan Air Mancur tersebut.

“Kami sudah sedapat mungkin untuk meminimalisir dan memitigasi bahaya yang akan terjadi disitu, misalnya bahaya sengatan listrik. Jadi, Air Mancur itu sudah di grounding sedemikian rupa, sehingga apabila ada short dia akan trip langsung mati semuanya. Jadi begitu ada short, ada kabel yang terbuka, dia akan trip. Tapi sekali lagi, semuanya itu tidak ada yang bisa memprediksi. Makanya kami meminta kepada masyarakat untuk menikmati saja, jangan dibuat untuk bermain ataupun untuk berbasah-basah disana, walaupun sebenarnya keseruannya itu, gregetnya itu hilang, tapi ya itu tadi untuk kemaslahatan bersama, karena seperti ini kalau orang berkerumun didepannya dan main didepannya, tribun itu akhirnya yang nonton di tribun terlindung dan percuma ga bisa melihat, jadi nantinya kalau sudah full operasional ya kami akan tegaskan kepada masyarakat pengguna, agar anak-anak itu jangan bermain di air mancurnya, dilihat saja” ujar Erfin Nirza Siregar, Kepala Disperkim Tabalong.

Baca Juga  JIKAMAKA Tabalong Buka 34 Program Pelatihan di Tahun 2024

Erfin juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menyusun sejumlah regulasi terkait operasional Air Mancur tersebut. Nantinya, Air Mancur akan tetap dibuka untuk bermain dengan pengawasan dari pihak setempat.

Diketahui, Pemkab Tabalong membangun Air Mancur Menari ini untuk menghidupkan kembali Taman Giat Kota Tanjung. Selain itu, juga dilakukan penggantian halaman taman dari paving blok menjadi keramik, pembangunan tugu 1 Desember, pemasangan lampu hias, prasasti delapan bupati pertama hingga sekarang, dan pilar tameng Dayak. Secara keseluruhan, renovasi ini menelan anggaran hingga 5,9 miliar rupiah.

Selanjutnya, pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan melanjutkan renovasi dengan membangun playground atau tempat bermain anak, dan kawasan pedagang kaki lima terpusat di bagian belakang Taman Giat Kota Tanjung.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment