Home Editor's Picks Workshop Penyusunan Pohon Kinerja dan Informasi Praktik Baik Reformasi Birokrasi

Workshop Penyusunan Pohon Kinerja dan Informasi Praktik Baik Reformasi Birokrasi

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan workshop penyusunan pohon kinerja dan informasi praktik baik reformasi birokrasi yang diikuti oleh seluruh perangkat daerah Tabalong dan inovator yang terpilih pada 31 Maret lalu di Banjarbaru.

Pelaksanaan kegiatan workshop penyusunan pohon kinerja dan informasi praktik baik reformasi birokrasi mengacu pada Permendagri Nomor 89 Tahun 2001 tentang penjenjangan kinerja instansi pemerintah dan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Tabalong tahun 2022.

Kepala Bagian Organisasi Setda Tabalong, sekaligus Ketua Pelaksana, Fahrul Raji menuturkan, Workshop ini merupakan langkah untuk mempersiapkan evaluasi RB. Pasalnya, ada perubahan mendasar, yaitu evaluasi RB difokuskan pada dampak dari pelaksanaan RB sesuai tematik pelaksanaan RB.

“Jadi untuk evaluasi RB bapak ibu sekalian ini ada perbedaan yang signifikan dibanding tahun kemarin, kalau dulu kita meupload di aplikasi PMPRB dan sekarang ini kita tidak lagi dan kemarin itu kita menyiapkan struktur perangkat daerah sebagai sampel Cuma pada tahun ini kita diwajibkan untuk menyiapkan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan inovasi praktik baik RB” ujar Fahrul Raji.

Sementara itu, dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Setda Tabalong, Subhan mengatakan, semua OPD diharapkan dapat membuat skala prioritas menggunakan pohon kinerja untuk melihat akar permasalahan dari program yang akan dijalankan.

“Pentingnya pohon kinerja sebagai bentuk untuk menentukan akar permasalahan kemudian diselesaikan secara kolektif oleh seluruh organisasi perangkat daerah yang terkait dengan kondisi keuangan yang ada di Kabupaten Tabalong saat ini kita diharapkan mampu membuat skala prioritas menggunakan pohon kinerja untuk melihat apa akar permasalahan nya. Pohon kinerja dapat menjadi penyelamat dalam mengelola anggaran daerah, tidak hanya dapat menghemat anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan metode ini masyarakat tentunya merasa kebutuhan nya terpenuhi oleh program pemerintah,” kata Subhan.

Baca Juga  Jelang Peralihan Musim, BPBD Tabalong Tetap Waspadai Karhutla

Subhan Menambahkan dengan adanya pohon kinerja tersebut, Pemkab Tabalong dapat melaksanakan pencapaian visi dan misi kabupaten lebih terarah. Penyusunan pohon kinerja pun harus selaras dengan RPJMD dan rencana strategis sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

(TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment