Pemkab Tabalong Sediakan Bus Untuk Calon Jamaah Haji

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Sama seperti pelaksanaan haji tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali memfasilitasi keberangkatan calon jamaah haji asal Tabalong pada tahun ini. Pemkab Tabalong menyiapkan sepuluh unit armada bus full AC berkapasitas 35 orang dari PT Tiga Putra Banjarmasin.

Dari sepuluh bus tersebut, hanya sembilan bus yang akan membawa 258 calon jamaah haji serta para pendamping. Sedangkan satu bus dikosongkan, sebagai cadangan apabila bus lain mogok di tengah perjalanan. Sementara itu untuk mengangkut barang bawaan calon jamaah haji, pemkab tabalong menyiapkan dua unit truk.

Keberangkatan calon jamaah haji dari Tabalong ke asrama haji banjarbaru, dijadwalkan pada Sabtu 11 Juni 2022, setelah sholat zuhur berjamaah di Pendopo Bersinar Pembataan. Namun untuk barang bawaan jamaah, harus diantar terlebih dulu pada pukul 7 pagi ke Pendopo.

Hal ini disampaikan kepala bagian kesejahteraan rakyat setda Tabalong, Zainuddin, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada kamis 9 juni 2022. Zainuddin juga mengatakan, armada bus yang akan membawa calon jamaah haji dijadwalkan tiba ke Tabalong pada 10 Juni 2022, dan diuji kelayakan terlebih dulu sebagai bentuk perlindungan dari pemerintah.

“Jamaah ini dilindungi oleh undang-undang gitu ya. Semua sektor, semua skpd baik itu dari pemerintah daerah, ataupun dari vertikal, kemenag, dan polres yang ikut menghandle dari keberangkatan haji ini.” Kata Zainuddin, Kabag Kesra Setda Tabalong.

Zainuddin menjelaskan, pihaknya juga sudah mengatur sketsa rencana lalu lintas, di titik keberangkatan Pendopo bersinar. Pihak keluarga atau yang mengantar calon jamaah haji, masuk melalui gerbang utama Pendopo dan menurunkannya di sekitar pendopo utama, kemudian keluar melalui gerbang belakang. Untuk titik parkir kendaraan roda dua ditempatkan di GOR badminton, sedangkan parkir roda empat di stadion pembataan. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment