Lahan Hortikultura Terendam Banjir, Petani Uya Terancam Gagal Panen

by tabalong hari ini
0 comment

Tingginya intensitas curah hujan beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Tabalong,  berdampak pada lahan pertanian warga di wilayah Kecamatan Muara Uya. Akibatnya, sejumlah lahan pertanian hortikultura warga terendam banjir.

Berdasarkan pantauan dari balai penyuluhan pertanian Muara Uya, banjir merendam lahan pertanian hortikultura milik warga yang ada di Desa Kupang Nunding, Ribang dan Pasar Batu, dengan komoditi yang paling banyak terendam banjir yakni bawang merah 1 hektar, cabai besar 1 hektar, tomat setengah hektar, jagung setengah hektar, dan komoditi hortikultura lainnya.

Koordinator BPP Muara Uya, Unang Setiawan mengatakan, banyaknya lahan hortikultura milik petani yang terendam akibat banjir, menyebabkan petani gagal panen. Sehingga petani mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

“Dari hasil survey lapangan kami langsung itu tidak bisa di panen komoditi tersebut terutama bawang merah kemudian cabai besar. Nah kalau di taksir dari kerugian petani itu kurang lebih 40 juta,” ucapnya.

Balai Penyuluhan Pertanian Muara Uya bersama kelompok tani serta kepala desa, akan membuat laporan kepada Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong. Untuk saat ini DKPPTPH Tabalong masih melakukan proses pendataan mengenai total luasan lahan pertanian di Tabalong yang terdampak banjir.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment