Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Tiba di Makkah, Jamaah Haji Tabalong Laksanakan Ibadah Umrah

Tiba di Makkah, Jamaah Haji Tabalong Laksanakan Ibadah Umrah

by tabalong hari ini
0 comment

Setelah melaksanakan ibadah fardu arba’in di kota Madinah, kini jamaah haji kluster 2 embarkasi Banjarmasin asal Kabupaten Tabalong bertolak menuju kota suci Makkah. Jamaah haji asal Kabupaten Tabalong ini tiba di kota Makkah pada Kamis, 8 Juni 2023, sekitar pukul 7.30 waktu setempat.

Sebanyak 321 jamaah haji kluster 02 asal Kabupaten Tabalong bertolak dari Masjid Nabawi menuju kota Makkah pada Kamis, 8 Juni 2023, seusai shalat zuhur.

Kemudian jamaah diberangkatkan menuju Bir Ali untuk mengambil niat ihram umrah wajib sebagai pelaksanaan ibadah haji tamattu’.

Jamaah haji kluster BDJ 02 ini tiba di kota Makkah selepas shalat Maghrib pada hari Kamis waktu setempat.

Dimana jamaah haji Tabalong berada di Hotel Ro’ya Al-Hasmiyah, yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Masjidil Haram.

Dari laporan yang diterima melalui pembimbing jamaah haji asal Tabalong, Ustadz Ahmad Rijani Ismail, menjelaskan bahwa sekitar pukul 10 malam waktu Arab Saudi, jamaah haji Kabupaten Tabalong mulai menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah, yang diawali dengan tawaf, sa’i, serta tahallul atau bercukur.

“Alhamdulillah, jamaah memasuki Masjidil Haram setelah melalui perjalanan yang lumayan panjang dan begitu ketatnya pemeriksaan. Mereka tiba di pintu Masjidil Haram pada jam 1 lewat 20 menit Saudi Arabia, atau jam 6 lewat 20 menit waktu Indonesia bagian tengah. Amaliyah diawali dengan ibadah tawaf sebanyak 7 kali keliling yang berawal dari sudut Hajar Aswad, dan selesai selepas melaksanakan tawaf tersebut, jamaah berdoa serta shalat sunnah sejajar dengan Maqam Ibrahim memohon dan munajat kepada Allah serta meminum air Zamzam, memohon kiranya agar segala amaliyah, doa, dan harapan dikabulkan dan diterima oleh Allah SWT,” ujar Ustadz Ahmad Rijani Ismail, pembimbing jamaah haji.

Baca Juga  Masyarakat Sikapi Rencana Pembangunan Traffic Light Simpang Islamic Center

Usai tawaf, jamaah melanjutkan rangkaian ibadah dengan melakukan sa’i dan tahallul yang memakan waktu kurang lebih selama 1 jam. Dilaporkan pula kondisi seluruh jamaah haji saat ini dalam keadaan sehat, meskipun cuaca di Arab Saudi saat ini mencapai 43 derajat Celsius.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment