Home Editor's Picks Masuk 5 Besar se-Kalsel, Desa Murung Karangan Diverifikasi Lapangan

Masuk 5 Besar se-Kalsel, Desa Murung Karangan Diverifikasi Lapangan

by tabalong hari ini
0 comment

Masuk 5 besar desa terbaik Kalimantan Selatan, tim penilai lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 melakukan verifikasi lapangan ke Desa Murung Karangan. Verifikasi dilakukan untuk memastikan hasil persyaratan administrasi sesuai kualifikasi yang ditentukan.

Verifikasi lapangan tim penilai lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 dilakukan pada Rabu, 21 Juni 2023, di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong.

Verifikasi lapangan berlangsung tiga hari, dari tanggal 20 sampai dengan 22 Juni 2023.

Desa Murung Karangan dari Kabupaten Tabalong merupakan desa ketiga yang diverifikasi, setelah Kabupaten Tanah Bumbu dan Tanah Laut.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalimantan Selatan, Wahyu Widyo Nugroho, yang ditemui usai verifikasi lapangan, mengatakan hasil verifikasi lapangan menunjukkan kesesuaian dengan pemberkasan administrasi, lalu dilakukan penilaian lebih mendalam.

Adapun penilaiannya terkait tata kelola pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan potret kondisi aktual kewilayahan desa.

“Kemudian kita tadi juga menggali lebih dalam, karena mungkin pada saat berkas administrasi tidak menggambarkan secara keseluruhan terkait potensi desa, sudah kita coba gali terkait apa sih produk unggulan di sini. Kemudian apa yang telah dilakukan pemerintah desa terkait dengan tata kelola pemerintahan, salah satunya dengan adanya layanan secara e-government ini, nah ini saya pikir cukup yang kita dapatkan hari ini untuk selanjutnya kita sampaikan ke tim penilai pada saat rapat pleno,” ujar Wahyu Widyo Nugroho, Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Kalsel.

Baca Juga  Penggunaan Masker Dilonggarkan, Satgas Tabalong : Boleh Lepas Masker Di Area Terbuka

Wahyu menambahkan bahwa hasil verifikasi lapangan akan dirapatkan oleh tim penilai untuk menentukan 3 besar kandidat juara. Desa terbaik yang masuk 3 besar nantinya akan melakukan paparan di tingkat provinsi Kalsel untuk menentukan juara pertama yang akan mewakili Kalsel di tingkat regional Kalimantan-Sulawesi.

Wahyu juga menambahkan melalui lomba desa yang bertemakan tata kelola pemerintahan yang baik untuk menjaga stabilitas ekonomi, desa diharapkan terus meningkatkan statusnya dari berkembang dan cepat berkembang.

Selain itu, Pemprov Kalsel mendorong agar desa terus menjaga stabilitas ekonomi, khususnya pasca pandemi COVID-19, serta upaya untuk menghadapi gejolak ke depan seperti perubahan iklim dan kondisi-kondisi sosial yang mungkin menjadi tantangan bagi pemerintah desa untuk menyejahterakan masyarakatnya.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment