Home Tabalong Hari Ini Capaska Tabalong Jalani Latihan

Capaska Tabalong Jalani Latihan

by Muhammad Rais
0 comment

Puluhan pelajar Sekolah Menengah Atas yang lolos seleksi dan perengkingan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka Tabalong) mulai menjalani pemusatan latihan yang dilakukan oleh pasukan gabungan Kodim 1008 Tabalong dan Polres Tabalong.

Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Paskibraka Tabalong, mulai mengikuti pemusatan latihan. Pemusatan pelatihan berlangsung selama 18 hari, mulai 30 Juli hingga 16 Agustus 2023. Para calon Paskibraka ini disiapkan untuk mengibarkan bendera pusaka pada upacara peringatan 17 Agustus tingkat Kabupaten Tabalong.

Calon Paskibraka Tabalong terdiri dari 30 pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Atas, yang telah dinyatakan lolos seleksi dan perengkingan. Capaska Tabalong terdiri dari 15 putra dan 15 putri.

Pelatih Paskibraka Tabalong Oky Satriyane menuturkan, calon Pengibar Bendera Pusaka (Capaska Tabalong) dilatih oleh pasukan gabungan Kodim 1008 Tabalong dan Polres Tabalong, berdasarkan Peraturan Baris Berbaris.

“Untuk yang dilatihkan sendiri, kita menggunakan yang pertama Peraturan Panglima Nomor 58 Tahun 2018 sebagai acuan baris berbarisnya, dan disini kita juga mengacu pada 2 peraturan, yaitu Permenpora dan peraturan dari BPIP Nasional, karena untuk 2024 sudah memasuki peraturan BPIP Nasional,” ujar Oky Satriyane, Pelatih Paskibraka Tabalong.

Oky menambahkan, formasi tahun ini berbeda dengan formasi tahun sebelumnya, lantaran menyesuaikan dengan lokasi tiang bendera baru. Dirinya berharap Capaska tahun 2023 dapat melaksanakan tugas detik-detik proklamasi dan upacara bendera dengan selamat dan sukses.

Baca Juga  Sambangi DPRD, Gabungan UMKM Tabalong Sampaikan 5 Keluhan

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment