Kades Manduin Masuk 20 Besar Kades Perempuan Inspiratif

by tabalong hari ini
0 comment

Tim Verifikasi Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif Tahun 2022, dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, melakukan verifikasi lapangan pada Kamis 24 November 2022, di Kantor Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Tim verifikasi Kementerian Desa ini turut didampingi tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong, serta Camat Muara Harus, Aditya Pula Nugraha.

Verifikasi lapangan dimulai dengan paparan dari Kepala Desa Manduin, Rabaniah, terkait keterlibatan ia dan peran aktif perempuan di tengah masyarakat. Dimana mayoritas perempuan Manduin terlibat dalam pembangunan jalan pertanian dan perkebunan, serta aktif berinovasi dan terampil. Kemudian tim verifikasi lapangan jugs meninjau data pendukungnya, yakni buah tangan keterampilan perempuan manduin berupa Sasirangan Rumbia khas Manduin, dan inovasi eko enzim oleh kelompok wanita tani Manduin. Lalu diakhiri sesi wawancara untuk memperdalam verifikasi data pemerintahan, dan data tujuan pembangunan berkelanjutan.

Rabaniah pun menceritakan, awalnya ia menerima pesan melalui whatsapp dari pendamping lomba Kades Perempuan Inspiratif Tahun 2022, yang menyatakan ia masuk nominasi 106 kades perempuan inspiratif se-Indonesia. Kemudian ia mengikuti tahapan seleksi melalui zoom meeting pada 17 november 2022, dan kembali masuk nominasi menjadi 20 besar kades perempuan inspiratif. Lalu verifikasi lapangan yang kali ini dilakukan untuk menentukan nominasi 10 besar.

“Inshaallah saya sangat optimis dengan verifikasi hari ini. Mudah-mudahan saya kedepannya bisa menginspirasi kades-kades perempuan, agar bisa menjadi kades-kades inspiratif seperti saya, dan kedepannya mudah-mudahan saya menjadi 10 besar,” harapnya.

Tim verifikasi Kades Perempuan Inspiratif Tahun 2022, Imam mengatakan, Rabaniah merupakan satu-satunya kades perempuan se-Kalimantan Selatan, yang masuk nominasi 20 besar Kades Perempuan Inspiratif Tahun 2022. Ia pun berharap, hasil verifikasi lapangan ini memberikan nilai terbaik, sehingga Rabaniah masuk ke nominasi 10 besar.

 “Setelah ini akan dilakukan penjurian secara pleno, kemungkinan akan dilakukan besok jumat malam melalui zoom meeting, nanti langsung dipastikan untuk penentuan 10 besar. Jadi harapannya mudah-mudahan setelah dilakukan verifikasi dan tinjau lapangan terkait aspek-aspek penunjang, mudah-mudahan Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong ini bisa memberikan yang terbaik dan hasil yang terbaik,” tutur Imam.

Imam menambahkan, lomba kades perempuan inspiratif baru pertama kali diselenggarakan Kementerian Desa – PDTT Republik Indonesia. Apabila perlombaan ini menunjukkan hasil optimal, maka kegiatan serupa kembali dilanjutkan tahun depan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment