Home Tabalong Hari Ini Apel Gelar Pasukan dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kodim 1008 Tabalong

Apel Gelar Pasukan dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Kodim 1008 Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Kodim 1008 Tabalong menggelar apel gelar pasukan dan deklarasi Pemilu Damai 2024 dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Tabalong. Melalui apel ini, diharapkan situasi dan kondisi jelang Pemilu semakin kondusif.

Apel gelar pasukan dan deklarasi Pemilu Damai 2024 ini berlangsung di Lapangan Makodim 1008 Tabalong pada Rabu, 08 November 2023.

Apel dihadiri oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, beserta unsur Forkopimda Tabalong dan perwakilan partai politik yang ada di Kabupaten Tabalong.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dibacakan oleh Dandim 1008 Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto, diungkapkan bahwa apel gelar pasukan ini memiliki makna sangat penting bagi TNI AD sebagai salah satu bentuk mengukur kesiapsiagaan satuan TNI AD dalam mengawal pesta demokrasi yang akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

Letkol Czi Catur Witanto juga menilai bahwa tahun politik jelang Pemilu serentak saat ini terdapat sejumlah kondisi yang perlu dikhawatirkan, seperti politisasi agama, politik identitas, hingga isu SARA, yang dapat menyebabkan terjadinya konflik dan dapat memicu polarisasi masyarakat.

“Jika kondisi tersebut berlangsung secara berlarut dapat berpotensi memicu konflik dan disintegrasi bangsa, tentunya kita berharap hal tersebut tidak terjadi dan kita wajib menjaga kebersamaan demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi.” ujar Letkol Czi Catur Witanto, Dandim 1008 Tabalong.

Baca Juga  Bupati Anang Pimpin Ziarah Ke Makam Tokoh Penuntut

Untuk menjaga stabilitas keamanan saat Pemilu 2024 mendatang, seluruh komponen masyarakat dihimbau untuk terus bersinergi menjaga keamanan, meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga situasi kondusif di Kabupaten Tabalong dapat terus terjaga.

Selain itu, dalam amanatnya, Kasad juga menekankan bahwa TNI AD menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024, sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment