Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang: Cita-Cita Penuntut Diaktualisasikan Dalam Membangun Tabalong

Bupati Anang: Cita-Cita Penuntut Diaktualisasikan Dalam Membangun Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Seusai pelaksanaan upacara Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tabalong tahun 2023, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani melakukan ziarah ke makam penuntut Kabupaten Tabalong, Haji Baijuri, di belakang Hotel Tabalong Tanjung.

Ziarah makam dilakukan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, didampingi Ketua TP PKK Tabalong, Syarifah Syifa, Ketua Majelis Ulama Tabalong KH Sabilar Rusdi, Ketua Baznas Tabalong Haji Mardani, Ketua Pengadilan Agama Tanjung Abdullah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong Pebriadin Hapiz, serta sejumlah tokoh dan keluarga almarhum Haji Baijuri.

Ziarah diawali dengan pembacaan doa oleh KH Sabilarrusdi dan dilanjutkan dengan penaburan bunga sekaligus meletakkan karangan bunga oleh Bupati Anang bersama rombongan.

Saat diwawancara usai ziarah, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan bahwa ziarah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa penuntut Tabalong yang telah berjuang mewujudkan daerah Tabalong yang otonom.

“Nah, tentu cita-cita luhur para penuntut ini terus menerus kita hidupkan, kita aktualisasikan agar dalam membangun Tabalong kita sebagai generasi penerus tidak pernah lepas dari cita-cita luhur tersebut, dan lebih dari itu ini sebagai pembelajaran kepada generasi penerus jangan sampai melupakan sejarah,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Anang menambahkan bahwa ziarah ini juga dijadikan sebagai momen menyambung suasana kebatinan. Berkat upaya para penuntut, Kabupaten Tabalong berhasil menjadi daerah otonom pada tanggal 1 Desember 1965.

Baca Juga  Kementan Harap Cabai Tiung Tanjung Mampu Tingkatkan Suplai Cabai Rawit di Kalsel

Diketahui, ziarah ke makam penuntut Kabupaten Tabalong menjadi agenda rutin yang digelar jajaran pemerintah daerah. Ziarah digelar serentak ke-28 makam penuntut Tabalong yang tersebar di Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, Tanta, Jaro, Haruai, dan Kelua.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment