Home Tabalong Hari Ini Leadership Kepala Daerah Jadi Kunci Sukses Inovasi di Tabalong

Leadership Kepala Daerah Jadi Kunci Sukses Inovasi di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Di penghujung tahun 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil meraih dua penghargaan Innovative Government Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri. Pencapaian penghargaan ini dinilai tidak lepas dari peran kepemimpinan Kepala Daerah.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tabalong, Muhammad Noor Rifani, beberapa waktu lalu.

Rifani menyebut kepemimpinan atau leadership Kepala Daerah yang konsen dalam pengembangan inovasi menjadi kunci kesuksesan Kabupaten Tabalong meraih penghargaan IGA 2023 sebagai kabupaten terinovatif se-Indonesia serta kabupaten dengan indeks inovasi tertinggi di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut Rifani, kemampuan leadership yang dilakukan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dinilai sangat memudahkan pihaknya dan para inovator di Tabalong untuk terus berinovasi melalui motto “1 Kegiatan, 1 Inovasi.”

Tidak hanya itu, support Kepala Daerah melalui kegiatan inovasi juga ditunjukkan dengan memberikan reward kepada para inovator sebagai pemacu bagi para inovator di Tabalong untuk mengembangkan inovasinya.

“Leadership seorang pemimpin, Pak Bupati kan leadershipnya sangat konsen beliau terhadap leadership inovasi ini. Saya kira ini yang memudahkan bagi kami di Bappedalitbang dan kawan-kawan inovator untuk melakukan inovasi. Beliau sudah mengarahkan bagaimana surat edaran beliau setiap kegiatan satu inovasi, kemudian beliau juga terus mensupport kegiatan inovasi sehingga kegiatan inovasi berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Kemudian juga reward juga beliau berikan kepada kawan-kawan inovator, jadi semua memang tergantung dari leadership dan kebijakan pimpinan itu sebenarnya, kata kunci,” ujar Muhammad Noor Rifani, Kepala Bappedalitbang Tabalong.

Baca Juga  Petani di Haruai Terima Alat Pemadam Portable

Seperti diketahui, dalam ajang IGA Award 2023, Tabalong menghadirkan 175 inovasi dengan dua inovasi unggulan, yaitu Paliat Online atau Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terpadu Online dan Julak Wasi atau Ojek Jual Sayur Ikan Sembako Kawal Inflasi.

IGA kategori kabupaten terinovatif se-Indonesia tahun ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya diterima Pemkab Tabalong, setelah sebelumnya berhasil meraih IGA tahun 2021 dengan peringkat 6 dan tahun 2022 dengan peringkat 4.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment